Bagikan:

JAKARTA - Setelah resmi meluncurkan model mobil listrik pertamanya yaitu SU7, Xiaomi dikabarkan akan meluncurkan model listrik lainnya pada tahun ini. 

Mengutip dari laman CNevpost, Senin, 1 April, sebuah laporan terbaru di China mengutip dari sumber yang tidak disebutkan namanya, kendaraan listrik kedua dari raksasa teknologi tersebut adalah Sport Utility Vehicle (SUV). 

Hal ini tidak mengherankan karena SUV telah menjadi model paling laris di dunia dalam beberapa tahun terakhir, dan menurut laporan itu SUV dari Xiaomi akan hadir pada akhir tahun ini. 

Jika berkaca dari pasar China, Xiaomi memang perlu menghadirkan model SUV sebab beberapa pesaingnya banyak bermain di segmen tersebut. Sebut saja Nio dan XPeng, bahkan keduanya memiliki lebih banyak SUV dalam daftar model dibandingkan dengan tipe lainya. 

Sebelumnya, pada tanggal 24 Maret, CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan dalam sebuah video di akun Weibo bahwa model sedan memiliki pengalaman berkendara yang lebih baik dan lebih cocok untuk dikendarai setiap hari. 

"Permintaan pasar sedan sangat besar, jumlahnya hampir sama dengan SUV," kata Lei. 

Sementara itu menurut pengamat senior industri otomotif Feng Li menilai, bagi pembuat kendaraan listrik, sedan listrik murni biasanya sulit mendapatkan penjualan yang sangat tinggi, sedangkan SUV adalah penopang utama penjualan dan keuntungan. 

"Namun bagi Xiaomi, citra merek model pertama adalah yang paling penting, karena sejalan dengan praktik industri kendaraan energi baru (NEV)," kata Feng.

Sebagai tambahan informasi, sedan listrik SU7 mendapatkan lebih dari 50.000 pesanan dalam 27 menit pertama setelah pesanan dibuka, artinya mobil satu ini memang sangat dinantikan oleh banyak pihak.