Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil asal China Neta Overseas telah mengukir 10 tahun perjalanan dalam menghadirkan kendaraan listrik dengan penuh inovasi dan teknologi pintar. 

Dimulai sejak tahun 2014 dengan memegang teguh prinsip 'Tech For All', Neta berhasil mengukir sejarah dan meraih serangkaian pencapaian besar di berbagai belahan dunia. 

Bahkan, berhasil menjangkau pasar Internasional ke berbagai negara, serta menorehkan NETA sebagai brand startup EV nomor satu di China pada tahun 2022 dengan angka penjualan mencapai 150.000 unit di pasar China.

Mengintip perjalanan Neta

Dalam keterangan tertulis, Sabtu, 23 Maret, perjalanan yang cukup panjang untuk menjadi salah satu basis mobil listrik yang sudah hadir diberbagai negara. Dimulai tahun 2014, Hozon, yang kemudian berkembang menjadi Neta yang didirikan di China.

Saat itu, Nega fokus berjuang untuk melakukan pengembangan dan membangun Pusat Riset & Pengembangan di Yangtze Delta, China pada tahun 2015 yang kemudian berhasil mendapatkan lisensi kualifikasi dan produksi kendaraan pada tahun 2018. 

Pada tahun yang sama, Neta memproduksi dan meluncurkan produk pertama mereka yaitu N01. Inovasi terus mengalir dengan menghadirkan juga dua model sekaligus untuk segmen SUV, yaitu Neta U dan Neta V pada tahun 2020, yang semakin memperkuat posisi Neta sebagai startup EV dalam teknologi mobil listrik.

Lanjut pada tahun 2020, Neta memulai ekspansi secara global dan berhasil masuk ke pasar otomotif di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin hingga Afrika.

Neta bahkan dipercaya sebagai perusahaan startup EV pertama yang merancang model setir kanan untuk memenuhi permintaan pasar Asia Tenggara. Ekspansi global pun semakin nyata pada tahun 2022, dengan resmi hadir di Thailand hingga mendirikan pabrik pertamanya untuk kebutuhan ekspor ASEAN. 

Prestasi Neta di Thailand pun tidak main-main, NETA meraih penjualan hingga 10.565 unit dalam waktu hanya 10 bulan, sehingga berhasil menduduki peringkat ke-2 sebagai Best Selling EV di tahun 2023.

Tak hanya itu, Neta juga mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi termasuk Best Hatchback EV oleh Thailand’s Annual Award dan Platinum Award oleh MUSE. 

Prestasi Neta tidak hanya mencakup ekspansi geografis, tetapi juga meliputi angka penjualan ekspor pada industri mobil listrik. Neta berhasil memimpin sebagai eksportir teratas di antara perusahaan mobil startup China pada tahun 2023, dengan pengiriman global mencapai 15.913 unit dan memiliki lebih dari 100 saluran penjualan di berbagai negara.

Dengan perluasan pasar ini, Neta sukses menorehkan total penjualan kumulatif hingga 380.000 unit di pasar domestik maupun global sejak awal kehadirannya.

Neta Masuk Indonesia dan ekspansi ke negara tetangga

Pada tahun 2023, Neta mulai melebarkan sayap dengan debut di Indonesia melalui acara bergengsi GAIKINDO Indonesia International Automotive Show (GIIAS) 2023. Komitmen Neta untuk pasar Indonesia tidak hanya membawa mobil listrik dengan teknologi canggih saja, namun juga bekerjasama dengan PT Handal Indonesia Motor untuk merakit mobil secara lokal yaitu CKD untuk pasar Indonesia.

Tak hanya Indonesia, pada tahun 2024 Neta semakin melangkah lebih jauh dengan menandatangani kerjasama untuk pembangunan pabrik lokal ketiganya di Malaysia yang dijadwalkan akan memulai produksi pada tahun 2025 mendatang. 

Perjalanan selama 10 tahun ini tidak hanya menggambarkan perjuangan bisnis saja, tetapi juga komitmen jenama asal China tersebut yang begitu kuat terhadap inovasi, keberlanjutan, dan kontribusi pada lingkungan global agar lebih baik.