Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengendara disarankan untuk mengetahui apa itu highway hypnosis, yakni salah satu risiko yang dialami oleh pengendara kendaraan terutama mobil saat menempuh perjalanan jauh, misalnya saat liburan atau ketika pulang kampung. Risiko ini berpotensi membawa pengemudi kendaraan pada kondisi yang cukup berbahaya.

Artikel ini akan mencoba menjelaskan pengertian highway hypnosis, baik dari sisi pengertian, penyebab, hingga cara mengatasinya.

Apa Itu Highway Hypnosis

Highway hypnosis adalah istilah yang merujuk pada sebuah kondisi saat pengendara merasa seolah terhipnotis saat berkendara di lintasan lurus jarak jauh tanpa hambatan seperti di toll. Saat itu terjadi otak pengemudi akan masuk ke model "auto-pilot”.

Penyebab fenomena highway hypnosis sendiri beragam, namun secara umum terjadi karena situasi mengemudi yang membosankan, misalnya pengemudi melajukan kendaraan secara konstan dalam durasi panjang, atau pengendara sering melintasi lintasan tertentu.

Saat itu terjadi pengemudi akan merasakan bosan, kantuk, dan kelelahan. Bahkan pengemudi akan mengalami microsleep atau kehilangan kesadaran secara cepat.

Efek Highway Hypnosis

Highway hypnosis dapat memicu tindakan yang membawa pengemudi pada kondisi yang berbahaya. Beberapa efek yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut.

  1. Kehilangan Reflek

Pengemudi berpotensi besar kehilangan reflek. Misalnya, saat melajukan kendaraan pengemudi akan merespon kejadian secara lambat padahal kejadian tersebut harus direspon dengan cepat. Sebagai contoh, pengemudi tidak bisa reflek menghindari saat muncul halangan secara tiba-tiba di depan kendaraan.

  1. Memicu Kecerobohan

Saat melalui lintasan yang sama secara berulang-ulang, pengemudi akan merasa bosan hingga memicu tindakan yang ceroboh, misalnya melepas tangan dari stir karena merasa telah menguasai medan jalan. Pengemudi harus tahu posisi tangan saat menyetir mobil.

  1. Microsleep

Pengemudi juga berpotensi besar mengalami microsleep. Kondisi tersebut sangat berbahaya tidak hanya untuk diri sendiri dan penumpang namun membahayakan pengguna jalan lain. Pengemudi juga disarankan untuk mengenali tanda mengantuk saat mengendarai kendaraan.

  1. Hilang Konsentrasi

Rasa bosan yang ditimbulkan dari efek highway hypnosis membuat pengemudi kehilangan konsentrasi. Pasalnya pengemudi akan mencoba melakukan aktivitas lain atau memikirkan sesuatu untuk menghilangkan rasa bosan. Saat itu terjadi konsentrasi mengemudi akan hilang.

  1. Kecelakaan

Highway hypnosis memicu efek domino yang berpotensi memicu kecelakaan. Oleh karena itu disarankan untuk tetap konsentrasi dan berkendara dengan aman dan nyaman.

Pencegahan Highway Hypnosis

Meski highway hypnosis terjadi tanpa sadar, pengemudi bisa melakukan berbagai hal untuk mencegah kondisi itu terjadi. Lakukan pencegahan ini sebelum atau saat mengemudi jarak jauh dengan durasi lama.

  1. Istirahat Cukup

Pengemudi harus istirahat cukup dan berkualitas sebelum berkendara jarak jauh. Hindari begadang atau tidur terlalu larut. Istirahat cukup memudahkan pengemudi tetap konsentrasi saat mengendarai mobil. Pengemudi juga harus beristirahat 2 atau 3 jam sekali jika durasi berkendara yang dilakukan cukup lama.

  1. Atur Jadwal Berkendara

Disarankan untuk mengatur jadwal berkendara dengan tepat. Hindari berangkat di jam-jam rawan mengantuk. Pilih jam-jam yang baik untuk berkendara seperti pagi atau siang hari.  

  1. Atur Tempat Duduk dengan Baik

Mengatur kursi kemudi sangat penting untuk dilakukan. Usahakan jangan mengatur posisi yang terlalu rebah atau terlalu lurus. Keduanya akan berdampak pada tingkat kenyamanan mengemudi.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cairan tubuh pengemudi juga harus cukup sehingga usahakan untuk mengonsumsi air putih teratur. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan akan memicu pusing atau badan lemas sehingga dapat memperbesar risiko kecelakaan terjadi.

  1. Nyalakan Musik

Musik membantu Anda tetap terhibur sehingga pengemudi tidak mengalami stress atau bosan. Meski begitu hindari menyetel musik dengan sangat kencang karena akan memicu pengemudi kehilangan konsentrasi. Pengemudi juga disarankan tahu cara menghilangkan ngantuk saat nyetir.

Itulah informasi terkait apa itu highway hypnosis. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.