Lokasi SPKLU di Rest Area Tol Trans Sumatera untuk Mudik Natal dan Tahun Baru
Lokasi SPKLU di Rest Area Tol Trans Sumatera (DOK PLN)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) sudah disediakan oleh pemerintah buat pemudik yang memakai mobil listrik. Layanan ini ada di jalan utama mudik Nataru 2023, salah satunya Tol Trans Sumatera. Lantas mana saja lokasi SPKLU di rest area Tol Trans Sumatera?

Ada 6 posisi SPKLU mobil listrik di Tol trans Sumatera yang dapat Kalian pakai buat pengisian energi baterai. Dengan begitu, untuk Kalian yang mudik memakai mobil listrik tidak perlu takut nantinya.

Seperti yang diketahui, mudik ialah salah satu tradisi di penghujung Tahun ataupun mendekati Natal. Momen tersebut dimanfaatkan oleh tiap orang buat berkumpul bersama dengan keluarga tercinta.

Terlebih lagi saat ini pemerintah sudah mencabut Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2023 di seluruh Indonesia.

Buat lebih jelasnya, berikut posisi SPKLU mobil listrik di tol trans Sumatera. Ikuti selengkapnya di bawah ini!

Pembangunan SPKLU di Tol Trans Sumatera

Pada Desember 2022 lalu, PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung sudah menaikkan 2 SPKLU baru di Tol Trans Sumatera. Kedua SPKLU terletak di Rest Area Kilometer 163 A arah ke Sumatera Selatan serta Rest Area Kilometer 172 B ke arah Bakauheni, Lampung Selatan.

Akumulasi 2 SPKLU tersebut bertujuan buat memberikan kenyamanan untuk pengguna kendaraan listrik. Walaupun kendaraan listrik ini masih baru di Indonesia, tetapi peminatnya sudah lumayan banyak.

Apalagi, pemerintah sendiri menghimbau kepada publik buat bergeser ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. Pemerintah malahan membagikan subsidi pembelian kendaraan listrik.

Lokasi SPKLU di Rest Area Tol Trans Sumatera

Berikut ini daftar lokasi SPKLU mobil listrik di Tol Trans Sumatera, untuk Kalian yang hendak mengisi energi baterai kendaraan listrik, di antaranya:

Rest Area Kilometer 20 B Lampung (Tol Bakauheni–Kayu Agung)

Rest Area Kilometer 49 A Lampung–Palembang

Rest Area Kilometer 163 A Lampung Tengah

Rest Area Kilometer 172 B Tulang Bawang Barat

Rest Area Kilometer 269 Terpeka (Tol Bakauheni–Kayu Agung)

Rest Area Kilometer 277 Terpeka (Tol Bakauheni–Kayu Agung)

Tidak hanya rest area di atas, Kalian pula dapat mengecek posisi SPKLU di rest area terdekat lewat aplikasi PLN Mobile. Lewat menu Electric Vehicle, Kalian dapat mengecek SPKLU terdekat saat mudik Nataru 2023 nanti.

Seperti itu tadi daftar lokasi SPKLU mobil listrik di Tol Trans Sumatera. Mudah-mudahan informasi ini dapat menolong Kalian yang hendak mudik Nataru 2023-2024 nantinya.

Jenis SPKLU

Terdapat 4 kategori SPKLU menurut Peraturan Menteri ESDM No 1 Tahun 2023 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik buat Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Pertama yaitu teknologi pengisian lambat ataupun slow charging, berbentuk pengisian ulang listrik pada SPKLU dengan daya keluaran hingga dengan 7 kilowatt. Kedua, teknologi pengisian menengah medium charging dengan pengisian ulang listrik pada SPKLU memakai daya keluaran lebih dari 7 kilowatt hingga 22 kilowatt.

Ketiga, teknologi pengisian cepat (fast charging), ialah teknologi pengisian ulang listrik pada SPKLU dengan energi lebih dari 22 kilowatt hingga 50 kilowatt. Keempat, teknologi pengisian sangat cepat (ultrafast charging) merupakan teknologi pengisian ulang listrik pada SPKLU menggunakan energi lebih dari 50 kilowatt.

Tarif SPKLU

SPKLU yang memakai teknologi pengisian kilat (fast charging) dikenakan bayaran paling banyak Rp25.000. Pemerintah pula menetapkan SPKLU yang memakai teknologi pengisian sangat cepat (ultrafast charging) paling banyak Rp57.000.

Tetapi, butuh digarisbawahi bayaran layanan pengisian listrik tersebut belum termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) sesuai syarat peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

Tidak hanya itu, bayaran layanan tersebut dikenakan kepada owner kendaraan listrik berbasis baterai buat tiap satu kali pengisian listrik. Tarif ini nantinya bakal lebih dahulu ditambah dengan PPN 11 persen buat masing-masing model pengecasan. Misalnya SPKLU model ultrafast charging, bayaran paling besar yang wajib dikeluarkan jadi Rp63.270 sehabis ditambah PPN 11 persen.

Selain itu Pemerintah dan “PLN Siagakan 624 SPKLU di 411 Titik Strategis” demi melancarkan liburan Natal dan Tahun Baru 2024 nanti.

Jadi setelah mengetahui lokasi SPKLU di rest area Tol Trans Sumatera, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!