Bagikan:

YOGYAKARTA – Tidak ada yang lebih memberatkan bagi driver pemula selain parkir paralel. Metode parkir ini bisa membuat Anda keringat dingin lantaran prosesnya cukup sulit. Anda perlu mengatur jarak yang sempurna untuk memasukkan mobil ke dalam celah parkir antar dua mobil.

Sadar dengan kondisi tersebut, sejumlah produsen mobil kini mulai menghadirkan mobil yang bisa parkir sendiri. Terobosan ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen yang ingin memarkirkan mobil dengan cepat, aman, dan mudah.

Lantas, apa saja mobil yang bisa parkir sendiri? Simak informasinya berikut ini.

Deretan Mobil yang Bisa Parkir Sendiri

Sebagai informasi, mobil yang bisa parkir sendiri adalah mobil yang sudah dibekali teknologi self-parking. Sistem parkir otomatis ini bekerja dengan memanfaatkan kombinasi komputer mobil dan pengoperasian manual. Pengemudi hanya tinggal menginjak rem untuk mengontrol tanpa perlu menekan pedal gas.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar mobil yang bisa parkir sendiri:

  1. BMW Seri 7

BMW Seri 7 adalah mobil mewah yang dikenal karena keunggulan kinerjanya serta dibekali dengan teknologi super canggih. Salah satunya adalah teknologi Parking Assistant Plus.

Sistem parkir otomatis ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan parkir di area yang sempit, seperti parkir paralel.

Sistem self-parking pada BMW seri 7 menggunakan sensor ultrasonic untuk mengidentifikasi tempat parkir yang sesuai saat kendaraan melewatinya. Setelah sistem memilih tempat parkir, pengemudi terus menahan tombol untuk mengaktifkan dan mengoperasikan Parking Assistant Plus. Sistem ini mengontrol akselerator, kemudi, rem, dan transmisi ketika mobil diparkir di area yang terbatas.

Pengemudi cukup mengoperasikan pedal gas dan rem serta memantau keadaan sekitar. Sedangkan kemudi secara otomatis akan mengikuti jalur yang diambil mobil untuk memasuki ruang parkir tersebut.

  1. BMW X5

BMW X5 termasuk SUV crossover menengah. Mobil ini menawarkan segudang fitur yang memanjakan pengemudi serta dibekali dengan teknologi yang canggih.

Teknologi self-parking pada BMW X5 sama dengan sistem parkir otomatis di seri 7. Mobil ini dapat menemukan tempat parkir paralel atau tegak lurus yang sesuai dan kemudian melakukan hampir semua fungsi yang diperlukan untuk memarkir SUV, termasuk kemudi, akselerasi, pengereman, dan perpindahan gigi.

  1. Toyota BZ4X

BZ4X merupakan mobil listrik terbaru yang dibangun Toyota bekerja sama dengan Subaru. Mobil ini menawarkan performa yang handal dengan desain yang modern dan futuristik.

Tak hanya itu, Toyota BZ4X juga dibekali sistem parkir otomatis yang disebut Advance Park. Sistem ini memungkinkan Toyota BZ4X untuk parkir sendiri tanpa bantuan pengemudi.

Sistem self-parking pada SUV listrik ini memanfaatkan beragam sensor yang disematkan di sejumlah titik. Untuk mengaktifkannya, Anda cukup menekan tombol Advance Park yang ada pada layar sentuh.

Setelah fiturnya aktif, mobil akan mencari ruang parkir dengan bantuan sensor sonar parkir yang tersebar di beberapa titik, yakni pada bagian fender depan, belakang, kanan, dan kiri.

Fitur Advance Park juga disokong kamera dan sensor di bagian bawah spion. Ketika menggunakan fitur ini, kecepatan mobil harus di bawah 10 km per jam. Selain itu, pengemudi juga perlu melas pedal gas dan menginjak pedal rem.

Demikian informasi tentang mobil yang bisa parkir sendiri. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.