Bagikan:

JAKARTA - Merek otomotif asal China, Neta, membuktikan keseriusannya dalam menjajaki pasar kendaraan di Indonesia. Melalui PT Neta Auto Indonesia, mereka telah menjalin kemitraan dengan PT Handal Indonesia Motor (HIM) untuk merakit kendaraan listrik di negeri ini.

Rencananya, Neta bersama HIM akan memulai proses perakitan kendaraan listrik di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2024. Kesepakatan ini tercatat dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani pada 26 Juli lalu.

Wang Chengjie, Asisten Presiden Neta Auto dan Wakil Presiden Neta Overseas, menegaskan bahwa kerja sama dengan HIM menunjukkan tekad Neta untuk bersaing di pasar Indonesia dengan menghadirkan berbagai model andalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Dengan menjadi pemain baru di Indonesia, kami ingin menunjukkan komitmen dan dedikasi kami dalam menyediakan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," ujar Wang dalam pernyataannya pada Senin, 7 Agustus.

Namun, keterlibatan Neta tidak berhenti di situ. Mereka juga akan menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan dalam negeri untuk berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif Indonesia.

Wang juga menambahkan bahwa kolaborasi dengan HIM diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi Neta, yakni mendukung penggunaan kendaraan listrik sebagai pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan mobilitas di dalam negeri.

"Kami yakin bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk merangkul kendaraan listrik sebagai solusi utama mobilitas harian karena keefektifan dan keberlanjutannya yang terbukti," ujar Wang.

Keputusan Neta untuk bermitra dengan PT HIM bukanlah kebetulan. PT HIM, yang telah beroperasi sejak 1993, dianggap memiliki pengalaman kuat di industri otomotif dan telah menjadi mitra beberapa pabrikan terkemuka di Indonesia.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Neta akan memulai debutnya di pasar Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Merek yang terafiliasi dengan Hozon Auto ini akan memperkenalkan diri di Indonesia setelah berhasil menghadirkan produknya di berbagai negara.

Dengan tema sederhana "Hallo Indonesia, This is Neta," Neta siap menghampiri komunitas otomotif Indonesia melalui GIIAS 2023 dan memperkenalkan dirinya sebagai peserta baru dengan semangat yang tinggi.

Di booth mereka, Neta akan menampilkan enam model mobil dan juga akan membuka "Neta Corner" untuk memberikan pengetahuan dan informasi tentang merek ini kepada pengunjung GIIAS 2023.

Keberadaan Neta di Indonesia sejalan dengan rencana global perusahaan untuk memperluas pangsa pasarnya. Saat ini, Hozon Auto sedang membangun fasilitas pabrik di Bangkok, Thailand, yang diharapkan akan beroperasi pada akhir Januari 2024.

Neta sendiri bukanlah pemain baru dalam industri global yang diperkuat oleh pertumbuhan penjualannya dari tahun ke tahun. Pada tahun 2022, Neta berhasil menjual sebanyak 152.073 unit kendaraan di seluruh dunia, meningkat secara signifikan dibandingkan dengan angka penjualan tahun 2021 yang mencapai 69.674 unit.