Mike Tyson <i>Comeback</i> ke Ring Tinju, Lawan Roy Jones Jr September 2020
Roy Jones Jr dan Mike Tyson (Instagram @royjonesjrofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Mike Tyson siap kembali ke atas ring dalam pertarungan ekshibisi melawan juara dunia divisi empat Roy Jones Jr. Pertarungan ini akan berlangsung di California pada 12 September mendatang.

Pertarungan delapan ronde itu akan disiarkan berdasarkan bayar per tayang dan Triller, sebuah aplikasi video musik seperti TikTok yang baru saja mengonfirmasi acara tersebut dalam rilis yang beredar Kamis.

Pihak Triller mengatakan, pertarungan utama antara Tyson dan Jones akan menjadi tayangan utama berdurasi tiga jam termasuk pertarungan undercard (non-gelar/hadiah) dan pertunjukan musik yang akan diumumkan dalam beberapa pekan mendatang. Aplikasi ini juga akan mengudarakan seri dokumenter 10 bagian yang melacak dua petinju berusia 50 tahunan ini selama menjelang pertandingan.

Rilis itu menambahkan, acara ini telah disetujui oleh komisi atletik negara bagian. Direktur eksekutif Andy Foster mengatakan kepada Yahoo Sports bahwa ia yakin para petinju tidak akan mengenakan tutup kepala dan akan menggunakan sarung tangan 12 oz yang lebih besar dari ukuran normal.

Tyson, 54 tahun, menjadi petinju termuda yang pernah memenangkan gelar kelas berat pada tahun 1986. Ia menjadi juara divisi yang tak terbantahkan sampai ia secara dramatis dan mengejutkan kalah dari James 'Buster' Douglas pada tahun 1990. Warga asli Brooklyn ini pensiun pada tahun 2005 dengan catatan karier 50-6 dengan 44 KO.

Sementara itu Jones yang berusia 51 tahun berasal dari Pensacola, Florida. Ia mewakili AS di Olimpiade 1988, di mana ia memenangkan medali perak setelah kalah secara kontroversial yang mendorong perombakan total sistem penilaian untuk tinju Olimpiade.

Sebagai seorang profesional, ia ikut kejuaraan dunia di kelas menengah, kelas menengah super, kelas berat ringan dan kelas berat, mendapat pengakuan luas sebagai petinju pound-for-pound terbaik di generasinya.

Setelah memulai catatan 49-1, di mana satu-satunya kekalahan diperoleh karena diskualifikasi, Jones menderita 7 kali kalah dari 12 pertarungan antara 2004 dan 2011. Dia akhirnya pensiun pada 2018 dengan catatan profesional 66-9 dengan 47 KO.