Sofbol Awali Pertandingan PON XX Papua Hari Ini
Pertandingan sofbol dibuka dengan pelemparan bola dari Ketum KONI Pusat untuk dipukul Walikota Jayapura.

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan pertama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 digelar di Stadion Sofbol Agus Kafiar Universitas Cenderawasih Kota Jayapura, Rabu, 22 September pagi.

Beberapa tokoh yang hadir dalam momen penting tersebut antara lain Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) Dr. Suwarno, Ketua Keabsahan Soedarmo, Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda, Walikota Jayapura Benhur Beni Mano, dan Ketua Panwasrah Klaster Kota Jakarta Andrie Tardiwan Utama Soetarno.

Kontingen Sofbol putra Lampung dan Sulawesi Tenggara mendapatkan kesempatan istimewa membuka pertandingan pertama PON XX. Pertandingan itu dibuka dengan pelemparan bola dari Ketum KONI Pusat untuk dipukul Walikota Jayapura.

“Beberapa waktu yang lalu, banyak masyarakat Indonesia, saudara-saudara kita di Papua penggemar olahraga yang masih sanksi apakah Pekan Olahraga Nasional bisa dilaksanakan," kata Marciano dilansir dari laman resmi KONI Pusat.

"Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Alhamdulillah pagi hari ini kita semua berdiri di lapangan sofbol Universitas Cendrawasih ini yang sangat membanggakan untuk menjadi bagian yang menyaksikan satu event bersejarah bahwa Pekan Olahraga Nasional ke-20 2021 dimulai di Papua,” lanjut dia.

Tak lupa, Marciano mengajak seluruh pihak bersama-sama membenahi kekurangan yang ada ketimbang saling menyalahkan. Bukan tanpa sebab. Pada Sabtu, 18 September, kelengkapan venue masih belum memadai. Pada hari itu, listrik dan air masih belum bisa digunakan.

PON XX Papua akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober mendatang.