Tampilkan Kartun Messi dan Taliban, Majalah Charlie Hebdo: Mereka Lebih Buruk dari yang Kita Pikirkan
Sampul majalah Charlie Hebdo (Foto: MARCA)

Bagikan:

JAKARTA - Majalah Charlie Hebdo kembali jadi bahan perbincangan. Kali ini, mereka menampilkan kartun kontroversial yang menggambarkan Taliban mengenakan jersey Lionel Messi.

Sampul tersebut muncul setelah Taliban berhasil menguasai Afghanistan dalam waktu singkat, merebut kembali kekuasaan setelah perang 21 tahun dengan Amerika Serikat dan pasukan sekutu.

Majalah ini tidak pernah jauh dari berita utama, meskipun dengan konsekuensi tragis seperti pada tahun 2015 ketika mereka mempublikasikan hubungan antara negara-negara seperti Qatar, yang dituduh mendanai terorisme Islam, dan hubungan antara presiden PSG dan keluarga emir.

Di sampulnya yang paling baru, ada gambar tiga wanita mengenakan burka biru, dengan nama Messi dan nomor 30, yang akan dia kenakan di PSG, gambar ini kemudian disertai dengan kalimat: 'Taliban, mereka lebih buruk dari yang kita pikirkan.'

Nasser Al-Khelaifi, presiden PSG, mempertahankan hubungan dengan keluarga emir Qatar, negara yang mendanai klub.

Perempuan disebut sebagai kelompok yang paling terpengaruh oleh kembalinya Taliban ke kekuasaan di Afghanistan. Kelompok tersebut menegakkan bentuk hukum syariah yang ketat, yang membatasi mobilitas sosial dan kebebasan perempuan.

Mereka tidak boleh berjalan sendiri di jalan, pergi ke sekolah atau universitas, mereka tidak memiliki izin untuk bekerja di luar rumah dan mereka tidak boleh dirawat oleh dokter laki-laki.