Pulih dari Cedera, Jorge Martin Langsung Rebut Pole Position GP Styrian
Jorge Martin raih pole position kedua musim ini di GP Styrian. (foto: dok. motogp)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Rookie Pramac Jorge Martin merebut pole position untuk kedua kali selama MotoGP 2021. Ia bahkan mencatatkan rekor lap baru di Spielberg Grand Prix Styrian. Hasil ini didapat, setelah pemuncak klasemen Fabio Quartararo, catatan waktunya harus dibatalkan

Ini adalah pole position kedua Martin setelah yang pertama di raih di GP Doha pada awal musim balapan tahun ini. Di sirkuit Red Bull Ring, Belgia,  pada Sabtu, 7 Agustus  Martin membukukan lap pertama di bawah 1 menit 22,99 detik untuk merebut posisi teratas.

Sementara  Quartararo yang sebenarnya memiliki catatan waktu lebih baik harus dibatalkan karena motornya sempat melebihi batas lintasan.

Setelah melewatkan empat balapan karena cedera, GP Styrian akhir pekan ini menandai start MotoGP keenam bagi Martin untuk musim ini. Martin memiliki kesempatan besar untuk memenangkan seri ini lantaran Sirkuit Red Bull Ring, dikenal dengan lintasan cepat yang akan mengeksploitasi tenaga dari mesin Ducati.  

Namun Yamaha juga menunjukkan kinerja cukup bagus di sirkuit ini. Terbukti Quartararo, sempat memimpin catatan waktu tercepat dalam sesi kualifikasi, sebelum akhirnya dibatalkan.

Fabio Quartararo tidak main-main pada putaran lap pembukaannya. Ia  unggul hampir enam persepuluh dari rekan setimnya di Yamaha, Maverick Vinales dengan 1m23.259s di lap pertamanya.

Pemuncak klasemen kemudian meningkat menjadi 1m23.075s untuk memperpanjang keunggulannya, meskipun lap ini mendapat ancaman dari Martin dari Pramac sebelum pebalap Ducati itu melakukan kesalahan di tikungan kedua dari belakang dan waktunya dibatalkan.

Setelah putaran pertama di Q2, Quartararo memimpin duo Ducati Jack Miller dan Martin, dengan keunggulan 0,225 detik di depan timesheets.

Dengan hanya kurang dari empat menit tersisa, Francesco Bagnaia dari Ducati mengungguli Quartararo dengan 1m23.038s. Tapi ini tidak bertahan lama karena Martin  mampu membuat catatan 1m22,994s.

Quartararo terus memangkas waktu defisitnya dari Martin di putaran terakhirnya dan membukukan 1m22.958s untuk mengungguli Martin.

Tapi pebalap Yamaha itu keluar dari sisi lap di Tikungan 9 dan keluar dari batas lintasan, yang menyebabkan catatan waktunya di lap tersebut dibatalkan dan membuatnya berada di posisi ketiga.

Sementara ini Bagnaia dari Ducati  akan start dari posisi kedua di tim pabrikan setelah kehilangan pole dengan selisih 0,044 detik. Rekan setimnya Jack Miller menyusul di baris kedua atau di urutan keempat.

Juara dunia Joan Mir meraih hasil kualifikasi terbaiknya musim ini dengan berada di posisi kelima di atas tunggangannya Suzuki GSX-RR. Motor itu kini sudah dilengkapi dengan perangkat pengatur ketinggian pengendaraan.

Johann Zarco berada di posisi keenam dan Aleix Espargaro dari Aprilia memimpin baris ketiga di urutan ketujuh di depan Marc Marquez. Mantan juara dunia MotoGP asal Spanyol itu  sempat mengalami kecelakaan di tikungan 3, namun ia tak mengalami cedera parah dan motor Honda-nya hanya mengalami sedikit kerusakan.

Pembalap Yamaha Maverick Vinales berada di urutan kesembilan, padahal saat FP3 ia bisa menjadi tercepat ketiga. Ini bukan hasil yang baik buat pebalap Spanyol itu.