Tak Ada Nama Ronaldo, Ini <i>Team of the Tournament</i> atau <i>Team of the Final Four</i> Euro 2020?
Cristiano Ronaldo (Instagram @cristiano)

Bagikan:

JAKARTA - Sang juara Italia dan runner-up Inggris mendominasi 11 pemain terbaik dalam Team of the Tournament Euro 2020 yang diumumkan UEFA pada Selasa. Tapi, tidak ada nama pencetak gol terbanyak turnamen Cristiano Ronaldo dalam daftar tersebut.

Melansir Antara, Rabu, Italia, yang meraih trofi Euro kedua mereka di Wembley, Minggu, 11 Juli, diwakili lima pemain mereka termasuk kiper Gianluigi Donnarumma yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Euro 2020 serta bek gaek Leonardo Bonucci yang mencetak gol serta jadi star of the match laga final.

Tiga nama lain dari skuat Gli Azzurri yang menembus Team of the Tournament Euro 2020 adalah bek sayap Leonardo Spinazzolla, gelandang jangkar Jorginho serta penyerang sayap Federico Chiesa.

Sementara itu dari Inggris terdapat dua bek yakni Kyle Walker dan Harry Maguire serta penyerang sayap Raheem Sterling.

Talenta Spanyol, Pedri, yang menyabet gelar Pemain Muda Terbaik Euro 2020, turut terpilih dalam Team of The Tournament.

Gelandang Denmark Pierre-Emile Hojbjerg melengkapi trio gelandang pilihan para peninjau teknis UEFA, sementara penyerang Belgia Romelu Lukaku dipilih untuk mengisi lini depan Team of the Tournament.

Jajaran peninjau teknis UEFA yang antara lain diisi mantan pelatih Inggris Fabio Capello serta manajer West Ham United saat ini David Moyes, memilih formasi 4-3-3 untuk Team of The Tournament karena skema itu kerap digunakan tim-tim peserta Euro 2020.

Namun, yang jadi pertanyaan, ke mana top scorer Euro 2020 Cristiano Ronaldo? Apakah nama-nama yang dipilih harus pemain dari tim semifinalis Euro 2020?

Jika memang demikian, bukankah lebih baik dinamakan Team of the Final Four saja ketimbang Team of the Tournament?

Sesungguhnya, bukan tanpa alasan jika kita mempertanyakan nama Ronaldo. Kapten Portugal itu meraih penghargaan Sepatu Emas Euro 2020 lewat raihan lima gol sepanjang turnamen.

Lima gol Ronaldo memang bisa disamai oleh Patrik Schick, tetapi penyerang Ceko itu butuh lima pertandingan untuk mencapai jumlah yang sama, sedangkan Ronaldo hanya main di empat laga.

Terlebih lagi, Ronaldo juga menambahkan torehannya dengan catatan satu assist - yang sejak Euro 2012 dihitung untuk penentuan Sepatu Emas - dalam total 360 menit penampilan dibandingkan Schick yang cuma lima gol tanpa assist dalam 404 menit.

Raihan Sepatu Emas Euro 2020 dibarengi Ronaldo dengan keberhasilannya menajamkan diri sebagai top scorer Portugal dengan 109 gol sembari menyamai rekor gol internasional terbanyak legenda Iran, Ali Daei.

Tambahan lima gol di Euro 2020 juga membuat Ronaldo jadi pemain tersubur di kejuaran Eropa tersebut dengan total raihan 14 gol dalam penampilan di lima edisi. 

Sayangnya, Ronaldo gagal membawa negaranya ke lolos ke perempat final usai dikalahkan Belgia 1-0 di babak 16 besar. Itulah mengapa Capello, Moyes dan jajaran peninjau teknis UEFA lainnya sama sekali tidak melirik mantan bintang Real Madrid tersebut.

Bagaimanapun, keputusan harus diterima, berikut ini susunan Team of the Tournament Euro 2020 pilihan UEFA:

Gianluigi Donnarumma (Italia); Kyle Walker (Inggris), Leonardo Bonucci (Italia), Harry Maguire (Inggris), Leonardo Spinazzola (Italia); Jorginho (Italia), Pierre-Emile Hojbjerg (Denmark), Pedri (Spanyol); Federico Chiesa (Italia), Romelu Lukaku (Belgia), Raheem Sterling (Inggris)