Gara-Gara Sorot Laser dan Ejek Lagu Kebangsaan, UEFA denda FA Inggris Rp516 Juta
Saat lagu kebangsaan Denmark dinyanyikan di Stadion Wembley, fan Inggris malah mengolok-olok. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA – Insiden sorotan laser seorang penonton ke wajah kiper Denmark Kasper Schmeichel berbuntut panjang. Aksi itu langsung direspon UEFA yang resmi mendenda Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sebesar 30.000 euro (sekitar Rp516 juta), Sabtu 10, Juli. 

Schmeichel saat bersiap menghadapi tendangan penalti Harry Kane, striker Inggris, dalam semifinal Piala Eropa 2020, di Stadion Wembley, Rabu, 7 Juli, diketahui diganggu oleh sorot laser. 

UEFA telah membuka penyelidikan disipliner terhadap Inggris pada Jumat, 9 Juli. FA juga diselidiki karena penonton di stadion, mencemooh lagu kebangsaan Denmark dan menyalakan kembang api.

Tindakan suporter Inggris yang mencemooh tim Denmark saat menyanyikan lagu kebangsaan mereka sebelum kickoff, dianggap sebagai pelanggaran serius. Ejekan juga terdengar saat lagu kebangsaan Jerman dimainkan di Wembley pekan lalu, saat Inggris mengalahkan tim asuhan Joachim Loew pada babak 16 besar.

Inggris kini berharap untuk memenangkan trofi utama pertama mereka sejak Piala Dunia 1966 dan menghadapi Italia di final Euro di Wembley pada Minggu, 11 Juli mala, di Stadion Wembley.