Olimpiade Tokyo: Kevin/Marcus Hadapi Tantangan Berat
Marcus Gideon (kanan) (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menghadapi tantangan berat dalam penyisihan grup pada Olimpiade 2020 Tokyo, 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

Berdasarkan hasil undian yang dilakukan Kamis malam di National Badminton Center, Inggris, pasangan nomor satu dunia Kevin/Marcus tergabung di Grup A bersama Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan), Ben Lane/Sean Vendy (Inggris), Chrirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy (India).

Kevin/Marcus yang datang tanpa turnamen pemanasan kompetitif apa pun pada tahun ini itu harus mewaspadai Lee/Wang yang menjuarai tiga turnamen beruntun di Bangkok, Thailand, Januari lalu.

Lee/Wang juga lah yang mengalahkan Hendra/Ahsan di babak final BWF World Tour Finals 2020, Januari lalu.

Lane/Vendy dan Rankireddy/Shetty juga perlu diwaspadai karena mereka mencatatkan hasil yang cukup baik dalam beberapa turnamen menjelang ke Tokyo.

Sementara wakil Indonesia lainnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga harus berhati-hati dengan lawannya di Grup D. Mereka akan menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), Choi Solgyu/Seo Seung Jae (Korea Selatan), dan Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura (Kanada).

Choi/Seo bisa dibilang akan menjadi tantangan berat bagi Hendra/Ahsan. Pasalnya, berdasarkan catatan pertemuan keduanya di Thailand, pasangan peringkat kedua dunia itu tercatat kalah dua kali.

Hendra/Ahsan dipaksa menyerah di tangan Choi/Seo pada babak perempat final Yonex Thailand Open 2021 dan babak penyisihan grup hari kedua BWF World Tour Finals 2020.

Pada nomor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan mengawali perjalanan mereka di Tokyo melawan tiga pasangan di Grup A. Mereka tergabung dengan unggulan teratas Sayaka Hirota/Yuki Fukushima (Jepang), Chloe Birch/Lauren Smith (Inggris), dan Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia).

Dari sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti bakal bersaing dengan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang), Mathias Christiansen/Alexandra Boje (Denmark), dan Simon Wing Hang/Gronya Somerville (Australia).

Di nomor ganda, ada 16 pasangan yang dibagi ke dalam 4 grup. Para pemain akan melalui babak penyisihan grup terlebih dahulu. Dua pasangan peringkat teratas grup akan lolos ke perempat final.

Pada nomor tunggal, ada 42 pemain yang dibagi ke dalam 14 grup. Hanya satu pemain yang merebut status juara grup yang berhak melaju ke fase gugur yang dimulai dengan babak 16 besar.

Berikut daftar lengkap undian wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo:

Ganda putra Grup A:

Marcus Fernaldo Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia)

Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan)

Ben Lane/Sean Vendy (Inggris)

Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy (India)

Ganda putra Grup D:

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia)

Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae (Korea Selatan)

Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura (Kanada)

Ganda putri Grup A:

Sayaka Hirota/Yuki Fukushima (Jepang)

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia)

Chloe Birch/Leuren Smith (Inggris)

Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia)

Ganda campuran Grup C:

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia)

Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)

Mathias Christiansen/Alexander Boje (Denmark)

Simon Wing Hang Leung/Gronya Somerville (Australia)

Tunggal putri Grup M:

Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia)

Lianne Tan (Belgia)

Thet Htar Thuzar (Myanmar)

Tunggal putra Grup G:

Jonatan Christie (Indonesia)

Aram Mahmood (Tim Pengungsi)

Loh Keam Yew (Singapura)

Tunggal putra Grup J:

Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)

Gergely Krausz (Hungaria)

Sergey Sirant (Rusia)