Jadi Kandidat <i>Top Scorer</i> Euro 2020, Patrik Schick: Saya Tidak Peduli, Target Saya Membantu Tim
Patrik Schick (Twitter @euro2020)

Bagikan:

JAKARTA - Patrik Schick mengaku prioritasnya di Euro 2020 adalah membantu Republik Ceko melangkah sejauh mungkin ketimbang peluang menjadi top scorer turnamen tersebut.

Schick sejauh ini sudah berhasil membantu Ceko lolos ke babak perempat final lewat torehan empat gol yang sudah dibukukannya.

Torehan empat gol itu berjarak hanya satu gol lagi dari pemimpin daftar top scorer sementara Cristiano Ronaldo. Di waktu bersamaan Schick juga berkesempatan menyamai rekor Milan Baros sebagai pencetak gol terbanyak Ceko di Euro dengan lima gol yang sekaligus menjadi top scorer edisi 2004.

Kendati demikian penyerang Bayer Leverkusen itu menegaskan peluang-peluang itu bukanlah prioritasnya, tetapi membantu Ceko meraih hasil sebaik mungkin termasuk saat menghadapi Denmark dalam laga perempat final di Baku, Sabtu besok.

"Itu bukan hal penting bagi saya, yang terpenting adalah kesuksesan tim," kata Schick dikutip Antara dari laman resmi UEFA, Jumat.

"Target saya bukanlah meraih Sepatu Emas, tetapi membantu tim melangkah sejauh mungkin.

"Saya tidak peduli berapa banyak gol yang saya cetak ketika itu semua tercapai," ujarnya menambahkan.

Schick memborong dua gol saat Ceko menang 2-0 atas Skotlandia serta menyumbangkan satu gol lagi kala diimbangi Kroasia 1-1 di laga-laga Grup D.

Schick lantas melengkapi kemenangan 2-0 yang dibukukan Ceko atas Belanda dalam 16 besar dan kontribusi penyerang berusia 25 tahun itu jelas diharapkan kembali muncul saat tim besutan Jaroslav Silhavy menghadapi Denmark.

Bila mampu melewati Denmark, Ceko akan menghadapi Inggris atau Ukraina di babak semifinal.