Dikritik karena Pilih Bela Timnas Spanyol Ketimbang  Prancis, Aymeric Laporte: Saya Tidak Peduli
Aymeric Laporte (Instagram @laporte)

Bagikan:

JAKARTA - Aymeric Laporte menjawab kritik yang dilontarkan kepadanya terkait perubahan kewarganegaraan dari Prancis ke Spanyol.

Laporte telah mewakili Prancis di banyak level pemuda, tetapi tidak pernah membuat penampilan senior untuk tim nasional. Dalam sebuah wawancara yang dilansir dari 101 Great Goals dia berbicara tentang kebahagiaannya membuat sebuah keputusan tepat.

Namun, dia juga merujuk bahwa beberapa orang memiliki 'tujuan lain' ketika mengkritik keputusannya.

“Jika saya bahagia, seperti saya sekarang, orang dapat mengatakan apa pun yang mereka suka; itu tidak banyak memengaruhi saya,” katanya. “Itu terjadi di Athletic juga, di mana ada lebih banyak orang yang mendukung daripada yang menentang. Saya merasakan dukungan semua orang dan sangat nyaman. Orang yang memperlakukan ini seolah-olah begitu, sangat penting memiliki tujuan lain.”

Namun, Laporte tidak jelas tentang 'tujuan' yang dia bicarakan.

“Saya tidak tahu. Pikirkan tentang hal itu sendiri. Anda tidak perlu memutuskan apa pun. 'Saya merasakan ini', 'Saya merasakan itu'. Tidak, saya merasakan keduanya. Saya sudah di sini delapan tahun.”

Salah satu hinaan yang dilontarkan kepada Laporte adalah melabelinya sebagai 'pemain Prancis yang dikontrak Spanyol'. Ketika ditanya bagaimana perasaannya, dia tidak menahan diri untuk menjawab.

“Mereka bisa mengatakan apa yang mereka inginkan, saya tidak peduli. Saya di sini. Saya senang."

Pada Mei tahun ini, Dewan Menteri Spanyol memberikan kewarganegaraan Spanyol kepada Laporte dan FIFA menyetujui perubahan kewarganegaraan di akhir pekan itu. 

Laporte sebelumnya mengklaim bahwa "bermain untuk Spanyol tidak mungkin" dan bahwa dia tidak akan mengajukan permohonan kewarganegaraan ganda.

Tak lama, Laporte dimasukkan dalam skuat 24 pemain Spanyol untuk Euro 2020. Pada 4 Juni, ia melakukan debutnya di Spanyol ketika ia memulai pertandingan persahabatan tanpa gol melawan Portugal.

Laporte mencetak gol debutnya untuk tim nasional pada 23 Juni, di babak penyisihan grup dengan kemenangan 5–0 atas Slovakia.

Pelatih Spanyol Luis Enrique mengatakan Laporte dan Pau Torres tampil 'luar biasa' dalam pertandingan pembuka melawan Swedia.

“Saya telah melihat dua bek tengah sebagai pemain yang sensasional, mereka luar biasa”, katanya kepada Marca.

"Mereka berdua bermain luar biasa."

Laporte adalah pengganti efektif untuk Sergio Ramos yang didepak oleh Enrique dari skuat Matador.