Ada Lampu Hijau soal Kembalinya Liga Premier
Liverpool (TWitter @premierleague)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Digital, Kebudayaan, Media dan Olahraga Inggris Oliver Dowden memberi lampu hijau terkait kembalinya Liga Premier setelah terhenti sejak pertengahan Maret akibat pandemi COVID-19. Ia menyatakan, pemerintah 'membuka pintu' untuk sepak bola kembali bergulir Juni.

Melansir Soccerway, Jumat, 15 Mei, Dowden telah melakukan pertemuan virtual bersama otoritas pemangku kepentingan sepak bola termasuk Liga Premier, EFL (operator tiga divisi di bawah Liga Premier) dan FA untuk melanjutkan rencana progresif kembalinya sepak bola.

"Kami sepakat semua bisa dilanjutkan ketika cukup aman dan kesehatan serta keamanan para pemain, pelatih serta staf tetap menjadi prioritas utama," kata Dowden dalam pernyataannya.

"Pemerintah membuka pintu agar kompetisi sepak bola bisa kembali bergulir secara aman mulai Juni. Itu juga meliputi langkah untuk memperluas akses bagi para penggemar bisa menikmati siaran langsung serta dukungan finansial kepada masyarakat pelaku sepak bola secara luas," tambahnya.

Dowden lantas mengatakan, kendati pemerintah sudah membuka pintu, detail rencana kelanjutan kompetisi 2019-2020 ada di tangan otoritas pemangku kepentingan sepak bola. Ia memastikan, pemerintah akan memberi panduan untuk rencana tersebut.

"Ini menjadi kombinasi niat baik untuk mewujudkan semuanya demi penggemar, masyarakat sepak bola dan negeri ini pada umumnya," ujar Dowden.

"Pemerintah dan jajaran ahli kesehatan akan terus memberi panduan dan dukungan terhadap kompetisi, apapun keputusan akhir yang ditempuh untuk bisa mewujudkan rencana kelanjutan musim," tuturnya.

Liverpool memimpin di puncak klasemen dengan keunggulan 25 poin sebelum liga dihentikan. Di atas kertas, The Reds cuma butuh enam poin untuk memastikan gelar juara, dengan musim menyisakan 10-11 pertandingan lagi.