Emas Indonesia Bertambah Melalui Bulu Tangkis Beregu Putra
Tim bulu tangkis beregu putra SEA Games 2019 (badmintonindonesia.org)

Bagikan:

MANILA - Pundi-pundi emas Indonesia kembali bertambah setelah tim bulu tangkis beregu putra SEA Games 2019 menang 3-1 atas Malaysia pada babak final di Muntilupa Sports Complex, Manila, Rabu, 4 Desember. Sejauh ini, Indonesia telah meraih total 14 medali emas.

Pasangan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf yang turun pada partai keempat memastikan medali emas untuk Indonesia itu lewat kemenangan 21-16 dan 21-19 atas Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

"Alhamdulillah saya dan Arya bisa menjawab kepercayaan pelatih. Ini semua saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Indonesia," kata Ade, melansir Antara.

Menurut Ade, dia tidak merasa terbebani saat tampil pada partai keempat yang menentukan.

"Kita lebih ke ingin membuktikan aja. Bahwa kita bisa. Ibarat ujian, tadi kita mempraktikkan hasil latihan dan ternyata lulus," lanjut Ade.

Sementara Arya melihat beban justru ada pada lawan karena jika kalah otomatis emas lepas. Sedangkan seandainya dia dan Ade kalah masih ada harapan dari Shesar Hiren dalam partai kelima.

"Tadi kami main enak. Lawan juga sudah tahu cara mainnya. Kami udah siapkan antisipasinya di latihan," kata Arya.

Kemenangan ganda Arya/Ade melengkapi tiga poin kemenangan Indonesia. Dua poin sebelumnya disumbangkan Jonatan Cristie yang mengalahkan Lee Zii Jia pada partai pertama dan Anthony Ginting yang menang atas Soong Joo Ven dalam partai ketiga, sedangkan pada partai kedua, Fajar Alfian menyerah kepada Aaron Chia Teng Fong/Soh Wooi Yik.

Medali emas beregu putra bulu tangkis ini merupakan yang keenam bagi Indonesia secara beruntun. Sebelumnya, Indonesia merebut podium pertama pada SEA Games 2007, 2009,  2011, 2013, 2015, dan 2017.