Sebastian Vettel Tinggalkan Ferrari Akhir Musim Ini
Sebastian Vettel (Instagram @vettelofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Sebastian Vettel dan Ferrari gagal mencapai kesepakatan terkait kontrak baru. Juara dunia empat kali itu memutuskan untuk meninggalkan tim berlogo kuda jingkrak pada akhir tahun ini.

Mattia Binotto, kepala tim Ferrari, mengonfirmasi kabar tersebut melalui laman resmi Ferrari pada Selasa, 12 Mei.

"Ini adalah keputusan yang diambil bersama oleh kami dan Sebastian, yang menurut kedua belah pihak merupakan yang terbaik. Ini bukan keputusan yang mudah untuk dicapai, mengingat nilai Sebastian sebagai pengemudi dan sebagai pribadi. Tidak ada alasan khusus yang menyebabkan keputusan ini, terlepas dari kepercayaan umum dan damai bahwa saatnya telah tiba untuk berpisah bagi kami untuk mencapai tujuan masing-masing," kata Binotto. Melansir laman resmi Ferrari.

Vettel telah menjadi bagian dari sejarah Ferrari. Dengan 14 Grands Prix yang dimenangkannya, Vettel merupakan pembalap ketiga yang paling sukses untuk tim ini. 

Dia juga orang yang paling banyak mencetak poin bersama Ferrari. Dalam lima tahun bersama, Vettel dan Ferrari finis di posisi tiga besar di Kejuaraan Pembalap tiga kali. Ia juga memberikan kontribusi yang signifikan bagi kehadiran tim yang konstan di posisi tiga besar dalam klasemen Konstruktor.

"Atas nama semua orang di Ferrari, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Sebastian atas profesionalismenya yang luar biasa dan kualitas manusia yang telah dia perlihatkan selama lima tahun ini, di mana kami berbagi begitu banyak momen hebat. Kami belum berhasil memenangkan gelar dunia bersama, yang akan menjadi yang kelima baginya, tetapi kami percaya bahwa kami masih bisa mendapatkan banyak hal dari musim 2020 yang tidak biasa ini," lanjut Binotto.

Sementara itu Vettel mengatakan, uang bukan masalah utama yang membuat dirinya dengan Ferrari harus mengakhiri kerja samanya.

"Hubungan saya dengan Scuderia Ferrari akan selesai pada akhir 2020. Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam olahraga ini, sangat penting bagi semua pihak untuk bekerja dalam harmoni yang sempurna. Tim dan saya menyadari bahwa tidak ada lagi kesamaan keinginan untuk tetap bersama di luar akhir musim ini. Masalah keuangan tidak memainkan bagian dalam keputusan bersama ini. Itu bukan cara saya berpikir ketika membuat pilihan tertentu dan itu tidak akan pernah terjadi," jelas Vettel.

Ia melanjutkan, apa yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini telah menyebabkan kedua pihak merenungkan apa yang menjadi prioritas nyata mereka. 

"Seseorang perlu menggunakan imajinasinya dan mengadopsi pendekatan baru pada situasi yang telah berubah. Saya sendiri akan meluangkan waktu untuk merenungkan apa yang benar-benar penting ketika datang ke masa depan saya," kata pebalap asal Jerman.

"Scuderia Ferrari menempati posisi khusus di Formula 1 dan saya berharap hal itu mendapatkan semua kesuksesan yang layak. Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga Ferrari dan semua 'tifosi' di seluruh dunia, atas dukungan yang telah mereka berikan kepada saya selama bertahun-tahun," pebalap 32 tahun mengakhiri. 

 

Terkait