Tundukkan Southampton, Liverpool Hidupkan Asa Empat Besar
Gelandang Liverpool Thiago Alcantara (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol/ Antara

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool menghidupkan lagi asa mereka menembus empat besar klasemen Liga Inggris selepas menundukkan Southampton 2-0 dalam laga pekan ke-35 di Stadion Anfield, Liverpool, Sabtu waktu setempat (Minggu, 9 Mei).

Gol-gol Sadio Mane dan Thiago Alcantara di laga kali ini membuat Liverpool naik ke posisi keenam klasemen dengan raihan 57 poin.

Tim besutan Juergen Klopp itu hanya terpaut enam poin dari zona empat besar dan masih memiliki satu laga simpanan yang belum dijalani.

Sedangkan Southampton (37), yang sudah empat pertandingan terakhir tak merasakan kemenangan, tertahan di urutan ke-16 setelah disalip Newcastle United (39) kemarin.

Anak-anak asuh Ralph Hasenhuettl juga belum sepenuhnya aman dari ancaman degradasi sebab mereka cuma punya jarak aman 10 poin dari zona merah, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kedua tim bermain terbuka sejak awal laga tetapi peluang bagus baru lahir pada menit ke-18 ketika Mohamed Salah bersikap egois melepaskan tembakan yang mudah diamankan kiper Fraser Forster padahal Mane berdiri cukup bebas di muka gawang.

Enam menit kemudian, Mane mengirimkan umpan tumit yang bisa dikendalikan Diogo Jota melewati tiga pemain Southampton sayang tembakannya masih terlalu dekat ke arah Forster.

Semenit kemudian, dari situasi sepak pojok Georginio Wijnaldum mampu menyambutnya dengan tandukan keras, sayang bola masih membentur mistar gawang membuat satu peluang Liverpool lainnya berlalu begitu saja.

Pada menit ke-29, lini belakang Liverpool mengendur dan Nathan Tella bisa merangsek dari sisi kanan, mengirimkan umpan tarik yang siap diselesaikan Che Adams, tetapi kiper Alisson Becker melakukan penyelamatan gemilang.

Setelah serangan itu diredam, Liverpool membangun ancaman balasan ke arah pertahanan tim tamu dan akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit ke-31 ketika umpan silang apik Salah bisa diselesaikan dengan sempurna oleh Mane yang mencetak gol pertamanya di Anfield musim ini

Enam menit kemudian, Salah hampir mendapati situasi satu lawan satu dengan Forster tetapi para pemain Southampton bergegas memenuhi kotak penaltinya demi menghalau tembakan salah, dan bola muntah yang berusaha disambar Thiago juga tak mampu mencapai gawang.

Semenit jelang turun minum Southampton nyaris mencetak balasan, sayang tandukan Tella masih mengarah tepat ke pelukan Alisson.

Memasuki babak kedua Southampton tampil lebih agresif dan Liverpool memilih relatif pasif sembari menunggu ada celah di pertahanan lawannya.

Keunggulan Liverpool bertahan tetapi berkali-kali diselamatkan oleh aksi Alisson yang memotong umpan maupun menghentikan tembakan para pemain Southampton.

Alisson sempat melakukan blunder ketika umpannya mengarah tepat ke Adams, tetapi beruntung ia segera membayar kesalahannya dengan menghentikan tembakan penyerang Southampton itu.

Tepat di pengujung waktu normal, Roberto Firmino yang masuk sejak menit ke-79 menggantikan Jota berhasil memaksa Kyle Walker-Peters kehilangan bola di sisi kanan pertahanan Southampton.

Bola dikirimkan Firmino kepada Thiago yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti untuk melesakkannya ke pojok kanan bawah gawang, demi mencetak gol perdananya berseragam Liverpool sekaligus mengunci kemenangan The Reds 2-0.

Kedua tim selanjutnya akan sama-sama melakoni laga tunda masing-masing, saat Liverpool bertandang ke Old Trafford menghadapi Manchester United pada Kamis (13/5) pekan depan, dua hari setelah Southampton menjamu Crystal Palace di St. Mary's.