Kabar Gembira, UEFA Tambah Jumlah Skuat Euro 2020 Jadi 26 Pemain
Presiden UEFA Aleksander ńĆeferin (Twitter @uefa)

Bagikan:

JAKARTA - UEFA dilaporkan bersiap menambah jumlah skuat tim-tim peserta EURO 2020 menjadi 26 pemain, dibandingkan 23 pemain yang biasanya berlaku.

Perubahan aturan itu ditempuh guna meringankan beban para pemain yang kelelahan mereka bertumpuk karena awal musim 2020/21 tertunda karena pandemi COVID-19 dan jadwal dipadatkan agar bisa rampung Mei, demi memberi kesempatan putaran final Euero 2020 tetap digelar 11 Juni-11 Juli mendatang.

Keputusan itu ditentukan komite tim nasional UEFA pada Senin, 26 April dan rencananya akan disahkan oleh komite eksekutif pada pekan ini, demikian dilaporkan BBC sebagaimana dilansir Antara dari Reuters, Rabu dini hari WIB.

Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, bulan lalu sempat menyatakan dukungan atas penambahan jumlah skuat di tengah ancaman masih munculnya kontraksi COVID-19 dan sulitnya mencari pengganti di tengah turnamen Euro 2020 dilangsungkan.

"Seseorang bisa saja tertular virus dalam turnamen. Dan akan sulit mencari pemain pengganti, sebab mereka yang tidak masuk skuat biasanya sudah menjalani liburan," kata Mancini.

UEFA pada bulan lalu juga sudah mengkonfirmasi Euro 2020 akan menggunakan regulasi lima slot pergantian pemain.