Tegang Nonton Persija Vs PSM Bareng Wali Kota Gibran Rakabuming, Menpora Amali: Ini Semifinal yang Luar Biasa
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Walikota Solo, Gibran Rakabuming saat menonton pertandingan Piala Menpora (Foto: putra/kemenpora.go.id)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menonton secara langsung pertandingan semifinal Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta vs PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo, Minggu malam, 18 April.  

Menpora Amali yang nonton bareng Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming serta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan terlihat sangat antusias menikmati pertandingan seru yang berakhir adu penalti itu.

Persija Jakarta berhasil memastikan diri lolos ke final Piala Menpora setelah menang cukup dramatis dengan skor 4-3 (agregat 0-0) dalam babak adu penalti melawan PSM Makassar.  

Menpora Amali yang duduk di tribun VVIP mengaku, ikut tegang mengikuti jalannya permainan 2 x 45 menit yang harus diakhiri dengan adu penalti. 

"Ini pertandingan semifinal yang luar biasa," ujar Menpora Amali.

Menurut Menpora, kedua tim yang berlaga mampu menunjukkan permainan yang bagus. "Saya ucapkan selamat kepada Persija Jakarta yang lolos ke babak final Piala Menpora 2021, buat PSM Makassar tetap semangat. Perjuangan para pemain kedua tim sudah luar biasa," ungkap Menpora Amali mengapresiasi kedua tim. 

Pertandingan Persija Jakarta kontra PSM Makassar memang berjalan seru. Kedua tim tampil imbang sejak menit-menit awal. Namun, selama 10 menit pertama, belum ada ancaman yang mereka ciptakan. Bola lebih banyak bergerak di lapangan tengah.

Peluang pertama datang untuk Yakob Sayuri pada menit ke-18. Penyerang sayap PSM itu melepas tembakan spekulasi dari luar kotak penalti, disayangkan masih melebar dari gawang Persija yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa. 

Dua menit berselang, PSM kembali membukukan peluang emas. Ini melibatkan kerja sama antara Sutanto Tan dan Yakob Sayuri yang kemudian diselesaikan oleh Patrich Wanggai. Namun, masih belum berbuah gol.

Selama waktu yang tersisa di babak pertama, kedua tim masih berusaha saling menyerang. Namun, tak ada satu pun yang berbuah gol hingga turun minum.

Persija langsung tancap gas di awal babak kedua demi memenangkan pertandingan ini. Marc Klok lagi-lagi mendapat peluang manis untuk mencetak gol lewat sepakan jarak jauh pada menit ke-48. 

Persija kembali menebar ancaman ke gawang PSM memasuki menit ke-79. Kali ini lewat Yann Motta yang melakukan overlap dan melepas tembakan keras melambung dan masih belum berbuah gol.

Andritany Ardhiyasa dibuat kerepotan jelang berakhir waktu normal. Dia dikejutkan dengan tembakan bebas Yakob Sayuri di menit ke-89. Beruntung, Andritany masih mampu menepisnya dan menghasilkan sepak pojok untuk PSM.

Hanya semenit berselang, PSM kembali membuat barisan pertahanan Persija kerepotan. Umpan sepak pojok yang dilepaskan oleh Rasyid Bakri mengarah pada Zulham Zamrun. Sayang, sundulannya masih melambung di atas mistar.

Kedua kesebelasan masih tampil menekan di waktu yang tersisa. Namun, tetap tak ada gol yang tercipta hingga peluit panjang dibunyikan. Skor agregat 0-0 membuat duel ini dilanjutkan dengan babak adu penalti untuk menentukan pemenang.

Persija akhirnya berhak menjadi tim yang lolos ke partai puncak Piala Menpora 2021 setelah menang 4-3 dalam babak tos-tosan. Menariknya, dibutuhkan masing-masing delapan penendang dari kedua tim untuk mengakhiri laga ini.

Empat penendang mereka yang sukses mengeksekusi penalti adalah Rohit Chand, Yann Motta, Marc Klok, dan Tony Sucipto. Sedangkan PSM yang mampu membobol tiga kali lewat Hasyim Kipuw, Rasyid Bakri, dan Sutanto Tan.