Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang dan Arab Saudi dalam pertandingan lanjutan Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November 2024. Berbagai persiapan terus dilakukan, salah satunya terkait kenyamanan dan keamanan penonton.

Hal ini menjadi perhatian PSSI. Untuk menunjang keamanan di laga kandang itu, federasi berencana memasang 100 kamera CCTV di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir. Ia menyebut telah berkoordinasi dengan dengan pengelola SUGBK terkait usulan pemasangan 100 CCTV.

"Kami, PSSI terus mengimprovisasi. Kemarin saya habis rapat dan langsung telepon pengelola SUGBK, Pak Dirut, bahwa PSSI akan mencoba menginstalasi 100 CCTV di SUGBK," kata Erick di Instagram PSSI dikutip Rabu, 23 Oktober 2024.

Selain itu, sebagai bentuk keseriusan dalam menjamin keamanan dan kenyamanan penonton, PSSI juga meminta suporter Timnas Indonesia untuk mendaftar Garuda ID.

Tujuannya, menjadi rujukan data calon penonton ketika pertandingan-pertandingan Timnas Indonesia digelar.

"Kami akan coba meminta semua fans Timnas Indonesia mendaftar Garuda ID supaya semua ini terdata."

"Kemarin seperti pertandingan Indonesia melawan Australia, itu cukup mengkhawatirkan dari segi keselamatan."

"Nah, ini saya memohon, tolong faktor keamanan benar-benar dijaga. Keselamatan benar-benar dijaga," tutur Erick.

Sikap ini ditunjukkan Erick Thohir lantaran berkaca pada momen laga kandang kontra Australia beberapa waktu lalu. Ketika itu jumlah penonton di Stadion GBK membeludak dari angka penjualan tiket yang dirilis PSSI.

Animo penonton yang tinggi membuat mereka berdesak-desakan di tribun. Soalnya, ada juga sebagian besar penonton yang mendapat akses masuk tanpa tiket dari oknum tak bertanggung jawab sehingga melebihi kapasitas yang disediakan.

Dari kejadian itu, PSSI pun berupaya mengantisipasi fenomena kelebihan penonton tak terulang di laga internasional berikutnya. Federasi lebih memperketat alur pembelian tiket di laga mendatang.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menjamu Jepang dan Arab Saudi di SUGBK pada November 2024.

Jay Idzes dan kolega akan lebih dulu bertemu Jepang pada 15 November 2024, dilanjutkan melawan Arab Saudi pada 19 November 2024.