Bagikan:

JAKARTA – Francesco Bagnaia mengingatkan Jorge Martin terkait tekanan mental tinggi ketika saingannya itu berjuang untuk mendapat gelar pertamanya dari ajang MotoGP pada tahun ini.

Martin sekarang masih memimpin puncak klasemen pebalap dengan koleksi 392 poin. Dia memiliki keunggulan hanya 10 poin dari Bagnaia yang berada di urutan kedua.

Bagnaia mengatakan bahwa saat ini persaingan untuk mendapat titel benar-benar tidak mudah. Ia pun telah merasakan tekanan dalam tiga tahun terakhir, dua di antaranya sukses ia menangi.

"Anda merasakan tekanan itu (adalah hal) wajar, tetapi Anda juga harus melawan tekanan tersebut," ujar Bagnaia seperti dikutip dari Crash.

Balapan musim ini merupakan tahun kedua beruntun Bagnaia dan Martin bersaing satu dalam perebutan juara dunia dari ajang balapan motor paling bergengsi dunia tersebut.

Meski demikian, musim ini berbanding terbalik dengan tahun lalu ketika Martin keluar sebagai runner-up.

Pada MotoGP 2024, pebalap asal Spanyol itu tampil jauh lebih konsisten dan menguasai sebagian besar musim.

Martin saat ini sedang dalam situasi seperti yang dijalani oleh Bagnaia saat berusaha memenangi gelar perdananya pada 2022 setelah tahun sebelumnya menjadi runner-up.

Dalam dua tahun tersebut, Bagnaia tercatat bersaing ketat dengan rider Perancis, Fabio Quartararo, untuk mengunci gelar juara. Persaingan lalu berubah melawan Martin dalam dua tahun terakhir ini.

Bagnaia mengakui bahwa dirinya jauh lebih siap tahun lalu ketika memenangi gelar kedua dibandingkan tahun sebelumnya yang membuat dia susah tidur dan bahkan merasa gugup.

"Ini adalah perbedaan terbesar yang saya rasakan saat saya memenangi balapan MotoGP pertama kali, saya bertarung untuk kejuaraan pada tahun 2021," ujar dia.

Bagnaia dan Martin akan kembali melanjutkan persaingan mereka selama akhir pekan ini di MotoGP Australia 2024. Persaingan keduanya kemungkinan akan berlanjut di tiga seri setelahnya.

Setelah dari Australia mereka berturut-turut akan balapan di Thailand (25-27 Oktober), Malaysia (1-3 November), dan seri terakhir di Valencia, Spanyol, pada 15-17 November 2024.