Bagikan:

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Oman (OFA) mengecam balik warga Indonesia yang menyerang wasit mereka, Ahmed Al Kaf, di media sosial.

OFA secara resmi mengunggah pernyataan mereka di Instagram @omanfa pada Senin, 14 Oktober 2024. Dalam pernyataan resmi itu, OFA menyebut serangan suporter Timnas Indonesia di media sosial keluar dari konteks.

"Asosiasi Sepak Bola Oman mengutuk keras serangan yang tidak beralasan dan penggunaan bahasa yang mengancam dan mengintimidasi terhadap wasit internasional Oman, Ahmed Al-Kaf, dan asistennya setelah pertandingan antara tim nasional Bahrain dan rekannya dari Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia."

"Kami menegaskan penolakan mutlak terhadap perilaku di luar konteks tersebut oleh sejumlah penggemar dan beberapa pihak terkait, memperingatkan konsekuensi dari perilaku di luar konteks tersebut, menekankan komitmen staf Oman sepanjang sejarah terhormat mereka hingga tingkat tertinggi," tulis pernyataan OFA.

Lebih lanjut, OFA juga membela wasit Ahmed Al Kaf karena telah memenuhi syarat menjadi wasit elite Asia.

Selain itu, OFA meminta FIFA dan AFC untuk melindungi Ahmed Al Kaf beserta asistennya yang memimpin laga Bahrain vs Indonesia.

"Profesionalisme dan menerapkan tingkat transparansi, integritas, serta ketidakberpihakan tertinggi sesuai dengan standar internasional. Inilah yang membuat mereka memenuhi syarat untuk menjadi wasit elite Asia."

"Asosiasi Sepak Bola Oman menyerukan FIFA dan AFC untuk memikul tanggung jawab mereka sesuai dengan peraturan serta ketentuan yang berlaku untuk melindungi wasit dan memastikan keamanan dan keselamatan mereka. Kami menegaskan bahwa kami bergerak maju dalam koordinasi dengan otoritas terkait untuk mencapai tujuan yang sama."

"Asosiasi Sepak Bola oman sekali lagi berjanji untuk terus mendukung tim wasit Oman yang dipimpin oleh wasit internasional Ahmed Al Kaf, percaya diri dengan kompetensi mereka, memuji level mereka, dan berharap sukses dalam karier kontinental dan internasional mereka," bunyi pernyataan OFA lagi.

Sebelumnya diketahui, wasit Ahmed Al Kaf membuat sejumlah kontroversi di laga Bahrain vs Indonesia pada 10 Oktober 2024.

Kemenangan Indonesia di depan mata sirna lantaran Bahrain bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-90+9.

Padahal, wasit ofisial keempat sudah sepakat dengan Ahmed Al Kaf bahwa waktu injury time cuma enam menit.

Kontroversi gol kedua Bahrain itu pun membuat kemarahan tak cuma pemain dan ofisial, tapi seluruh suporter Timnas Indonesia.

Para warganet Tanah Air langsung menyerbu akun Instagram Ahmed Al Kaf, AFC, dan Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA). Mereka menyebut AFC kongkalikong untuk pengaturan skor alias match fixing.

Sementara itu, unggahan pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Oman juga langsung dibanjiri komentar warganet Indonesia. Tanda pagar #AFCMafia pun ramai.