Bagikan:

JAKARTA - Arsenal kembali melakoni laga kandang setelah berlaga di Liga Champions 2024/2025. Pada pekan ketujuh Liga Inggris 2024/2025 mereka menjamu Southampton di Emirates pada Sabtu, 5 Oktober 2024, malam WIB.

The Gunners yang belum pernah kalah musim ini di semua ajang kembali menjadi unggulan melawan tim yang belum pernah menang di Liga Inggris.

Anak asuh Mikel Arteta tengah dalam kepercayaan diri tinggi usai menghajar Paris Saint-Germain 2-0 di Liga Champions. Sementara Southampton belum pulih dari predikat pesakitan.

Mereka melawat ke Emirates membawa luka kekalahan 1-3 kontra Bournemouth di Liga Inggris pada 1 Oktober 2024.

Favoritisme Arsenal kian menguat mengingat pada tiga laga terakhir mereka melahap kemenangan, semuanya terjadi di kandang.

Belum lagi ada motivasi yang dibawa The Gunners. Kemenangan kontra Southampton akan membawa mereka mencapai tonggak sejarah Liga Inggris, yaitu kemenangan ke-400 di kandang sendiri pada kompetisi domestik.

Prestasi itu hanya satu tangga di bawah Manchester United yang berhasi mengemas rekor 426 kemenangan kandang di liga.

Tiga poin juga akan mempertahankan posisi Arsenal di papan atas Liga Inggris, bersaing dengan Liverpool dan Manchester City yang ada di atasnya.

Potensi kembali menang terbilang besar. Pasalnya, Southampton menuju Emirates setelah kalah dalam 246 pertandingan tandang di Liga Inggris.

Catatan negatif itu merupakan kekalahan kelima terbanyak dalam sejarah kompetisi. Tak heran, nasib Russell Martin di kursi manajer pun kian di ujung tanduk.

Penyelesaian akhir masih menjadi masalah utama The Saints. Tingkat konversi mereka sangat rendah, yaitu sebesar 4,4 persen sekaligus menjadi yang terburuk di Liga Inggris musim ini.

Inferioritas Southampton semakin nyata di hadapan Arsenal mengingat mereka tidak pernah menang sejak 1987 di kandang klub London Utara tersebut.

Sementara itu, badai cedera yang menimpa Arsenal perlahan mulai dapat solusinya. Arteta tampaknya masih kehilangan Oleksandr Zinchenko, Kieran Tierney, Takehiro Tomiyasu, Ben White, dan Jurrien Timber.

Begitu juga dengan Martin Odegaard yang masih berkutat masalah pergelangan kaki.

Arteta saat ini tidak terlalu khawatir lantaran pemain belianya sudah tampil menjanjikan ketika dipercaya turun.

Kai Havertz menjadi sorotan berkat penampilan apiknya beberapa pekan belakangan. Dia bisa menjadi pemain Arsenal pertama sejak Pierre-Emerick Aubameyang pada 2019 yang mencetak gol dalam lima pertandingan Liga Inggris berturut-turut di Emirates.

Prakiraan Formasi

Arsenal (4-3-3): Raya; Calafiori, Saliba, Gabriel, Kiwior; Havertz, Partey, Rice; Saka, Trossard, Martinelli

Southampton (4-3-1-2): Ramsdale; Sugawara, Harwood-Bellis, Bednarek, Taylor; Downes, Aribo, Lallana; Fernandes; Dibling, Brereton Diaz