Bagikan:

JAKARTA – Pasangan ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin memulangkan unggulan pertama, Liang Wei Keng/Wang Chang, untuk mencapai babak perempat final China Open 2024.

Fikri/Daniel mengamankan tiket ketiga buat Indonesia setelah dipaksa bermain rubber game 21-19, 18-21, dan 21-17 di Olympic Sports Center Gymnasium pada Kamis, 19 September 2024, siang WIB

"Kami tentunya cukup senang dengan kemenangan hari ini melawan unggulan pertama, ganda nomor satu dunia, dan peraih medali perak Olimpiade Paris 2024 kemarin," ujar Fikri selepas laga.

Raihan itu merupakan babak perempat final keempat beruntun Fikri/Daniel sejak dirombak. Sebelumnya, mereka juga mencapai babak serupa di Jepang, Korea, dan Hong Kong Open 2024.

Fikri mengatakan bahwa keberhasilan mengalahkan Liang/Wang di kandang merupakan kemenangan yang sangat berarti karena akan menambah motivasi dan kepercayaan diri mereka.

"Liang/Wang bermain sangat baik, tidak mudah untuk kami melawan mereka di pertemuan pertama. Kelasnya sudah sangat tinggi, kami bertekad untuk sampai di level itu juga," ujar dia.

Fikri/Daniel tercatat berhasil melewati dua dari tiga perempat final sebelumnya. Namun, perjalanan terjauh mereka setelah itu mentok di semifinal.

Pencapaian ini kontras dengan Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana, yang merupakan rekan duet Fikri/Bagas dari komposisi sebelumnya.

China Open 2024 juga merupakan turnamen keempat yang dijalani oleh Leo/Bagas. Dari tiga kesempatan sebelumnya, mereka satu kali mencapai babak final dan kemudian keluar sebagai juara.

"Namun, tugas belum selesai, kami tidak boleh cepat puas. Kami harus meningkatkan porsi kami masing-masing dan pastinya harus lebih kompak lagi," kata Daniel.

Fikri/Daniel adalah wakil ketiga Indonesia yang lolos ke perempat final turnamen Super 1000 BWF ini. Dua wakil sebelumnya yang sudah terlebih dahulu ke delapan besar ialah Anthony Sinisuka Ginting dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.