Bagikan:

JAKARTA - Situasi lalu lintas menu Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa, 10 September 2024, sore WIB mengalami kepadatan. Situasi ini terjadi berkaitan dengan akan digelarnya laga krusial antara Timnas Indonesia vs Australia pada pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan pantauan VOI.id di lokasi jalan sekitar Pancoran hingga Senayan, lalin mulai melambat memasuki Jalan Layang Simpang Susun Semanggi. Terlihat kendaraan roda dua mendominasi sekitar.

Waktu tempuh yang biasanya bisa dilalui dari Pancoran menuju Senayan yang kurang dari 30 menit, kini menjadi lebih lama. Tim VOI.id yang menyusuri jalanan menuju SUGBK bahkan harus menempuh perjalanan sekitar 50 menit untuk sampai ke lokasi dari Pancoran menuju arah barat dengan kendaraan roda dua.

Dalam pantauan juga terlihat banyak pengendara yang mengenakan atribut untuk mendukung Skuad Garuda yang akan menjalani laga kedua Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Australia. Begitu pula para penumpang yang menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta, tampak mengenakan atribut dominasi warna merah.

Situasi jalanan yang mulai padat dan didominasi perjalanan pendukung Timnas Indonesia menuju SUGBK ini sejatinya telah diprediksi oleh pihak kepolisian.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, mengatakan telah mengerahkan pasukan gabungan di sekitar lokasi pertandingan. Selain itu, lalu lintas di sekitar SUGBK juga akan dilakukan rekayasa.

Namun ia menyebut bahwa rekayasa lalu lintas itu sifatnya situasional tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan.

"Akan ada rekayasa lalu lintas secara situasional. Masyarakat yang tidak punya kepentingan melewati sekitar GBK, pertandingan jam 19.00 WIB, nanti akan diarahkan oleh petugas-petugas kami di lapangan," katanya.

Pertandingan nanti akan jadi ujian berat bagi kedua tim. Australia yang baru menelan kekalahan 0-1 dari Bahrain mencoba bangkit dengan menghadapi Indonesia yang tengah percaya diri usai menahan Arab Saudi 1-1.

Saat ini posisi Timnas Indonesia dalam klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 berada di peringkat keempat di bawah Jepang, Bahrain, dan Arab Saudi. Sementara Australia di posisi kelima dan China menjadi juru kunci Grup C.