Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menjamu Australia di laga kedua Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Berstatus sebagai tuan rumah, pertandingan dipastikan menyita animo puluhan ribu suporter.

Demi menjaga kenyamanan dan keamanan pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa, 10 September 2024, malam WIB, ribuan personel gabungan dikerahkan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, mengatakan ribuan personel gabungan itu terdiri dari personel Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran, hingga Satpol PP.

"Polda Metro Jaya menurunkan 2.335 personel gabungan," kata Ade Ary dalam keterangannya dikutip pada Selasa, 10 September 2024.

Bukan cuma mengerahkan pasukan gabungan di sekitar lokasi pertandingan, lalu lintas di sekitar SUGBK juga akan dilakukan rekayasa. Namun, ia menyebut bahwa rekayasa lalu lintas itu sifatnya situasional tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan.

"Akan ada rekayasa lalu lintas secara situasional. Masyarakat yang tidak punya kepentingan melewati sekitar GBK besok pertandingan jam 19.00 WIB, nanti akan diarahkan oleh petugas-petugas kami di lapangan," tuturnya.

Lebih lanjut, Ade Ary turut mengimbau kepada para penonton yang akan menyaksikan pertandingan Indonesia vs Australia untuk tertib dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

"Nanti mohon ikuti petugas, saran, dan petunjuk petugas kami di lapangan. Kami akan lakukan SOP pemeriksaan barang-barang bawaan dan lain sebagainya," ujarnya.

Pertandingan nanti akan jadi ujian berat bagi kedua tim. Australia yang baru menelan kekalahan 0-1 dari Bahrain mencoba bangkit dengan menghadapi Indonesia yang tengah percaya diri usai menahan Arab Saudi 1-1.

Saat ini posisi Timnas Indonesia dalam klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 berada di peringkat keempat di bawah Jepang, Bahrain, dan Arab Saudi. Sementara Australia di posisi kelima dan China menjadi juru kunci Grup C.