Bagikan:

BANDUNG – Sebanyak 200 penari menyajikan pertunjukkan tarian tradisional menandai pembukaan Liga 1 2024/2025.

Upacara pembukaan liga level tertinggi Indonesia itu dimulai pada pukul 18.45 WIB sebelum duel Persib Bandung versus PSBS Biak di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat, 9 Agustus 2024, malam WIB.

Rangkaian upacara sebenarnya sudah dimulai sejak pukul 17.30 WIB. Dalam susunan acara, ada juga penampilan mini match antara 79 peman SSB versus delapan legenda tim nasional.

Tarian-tarian yang disajikan menjelang kick-off ialah budaya Sunda, tarian Boboko, dan tarian Sisingaan. Ada juga penampilan dari Lesti dan Lady Rara alias Tiyara Ramadhani.

Kedua penyanyi tersebut kemudian memandu Lagu Indonesia Raya dan diikuti oleh kick-off simbolis yang dilakukan oleh Wakil Ketua Umum PSS, Zainudin Amali, perwakilan BRI, dan PT Liga Indonesia Baru.

Duel antara Persib Bandung melawan Biak merupakan pertandingan perdana Liga 1 2024/2025. Kedua tim datang dengan status sama-sama juara.

Persib adalah juara bertahan Liga 1, sementara PSBS Biak tim promosi setelah musim lalu menjadi kampiun Liga 2 2023/2024.

Seperti diketahui, Liga 1 2024/2025 menerapkan satu aturan baru. Aturan itu ialah setiap kontestan boleh merekrut delapan pemain asing, baik dari Asia maupun Eropa.

Jumlah delapan pemain asing ini merupakan jumlah tertinggi dalam sejarah liga Indonesia. Namun, dalam penerapannya hanya enam pemain yang boleh bermain di lapangan berbarengan.

Dua sisanya bisa masuk dalam daftar skuad dan duduk di bangku cadangan. Mereka bisa bermain dengan catatan harus masuk menggantikan sesama legiun asing.