Bagikan:

BANDUNG - Pembukaan Piala Presiden 2024 dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Mengusung tema kesenian tradisional Jawa Barat, acara berlangsung meriah dan penuh semangat.

Dimulai tepat pukul 15.00 WIB, upacara pembukaan Piala Presiden 2024 ditandai dengan masuknya puluhan penari tradisional yang menampilkan tarian tradisional khas Jawa Barat, jaipong.

Bukan cuma itu, ada juga penampilan tetabuhan dari alat musik kendang yang merupakan khas Jawa Barat. Disela penampilan penari tradisional, diputarkan juga lagu milik Doel Sumbang.

Pada acara pembukaan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat, 19 Juli 2024, sore WIB, dihadiri langsung Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, hingga jajaran pengurus PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2024/2025.

Setelah penampilan tarian tradisional, upacara pembukaan dilanjutkan dengan pidato dari Maruarar Sirait selaku Ketua Steering Committee Piala Presiden 2024.

Dalam sambutan, Maruarar menegaskan bahwa agenda pramusim ini diselenggarakan tanpa keterlibatan uang negara, APBN, BUMN, dan APBD, melainkan murni dari sponsor swasta.

Pada kesempatan yang sama, ia juga mengatakan bahwa pergelaran ini menjadi bukti sepak bola Tanah Air kini terus menunjukkan peningkatan signifikan.

Maka dari itu, ia secara tegas meminta semua pihak untuk serius dalam memberantas match fixing demi sepak bola Indonesia yang terus berkembang.

"Ini jadi momen pembuktian bahwa sepak bola kita terus berkembang baik dan menunjukkan hal positif. Tugas kita di sini jelas untuk memberantas segala bentuk match fixing yang menjadi perusak sepak bola kita."

"Apa pun bentuknya, sekecil apa pun, harus kita berantas demi sepak bola kita yang sehat," ungkap Maruarar.

Kali ini Presiden Joko Widodo datang bersama Ibu Negara memilih untuk tak turun langsung ke lapangan. Hal ini jelas berbeda dengan acara pembukaan Piala Presiden edisi sebelumnya yang dibuka dengan kick-off dari Presiden Jokowi di lapangan.

Meski demikian, antusiasme sekitar 15 ribuan penonton yang hadir tak surut. Mereka juga antusias menunggu penampilan laga perdana yang mempertemukan tuan rumah, Persib Bandung, melawan PSM Makassar.

Piala Presiden 2024 bergulir pada 19 Juli hingga 24 Agustus 2024. Ada delapan tim dari Liga 1 yang dibagi ke dalam dua grup dan akan bersaing memperebutkan hadiah senilai Rp5 miliar.

Pada edisi perdana, Persib Bandung mencatatkan sejarah dengan keluar sebagai juara. Arema FC jadi klub yang paling rajin menyabet titel kampiun lantaran tiga kali menang di Piala Presiden (2017, 2019, dan 2022).

Satu gelar Piala Presiden diraih Persija pada edisi 2018.