Presiden Jokowi Batal Hadir, FIBA World Cup 2023 Resmi Dibuka dengan Cukup Meriah
Upacara pembukaan FIBA World Cup 2023. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - FIBA World Cup 2023 resmi bergulir mulai 25 Agustus - 10 September. Upacara pembukaan berlangsung di Indonesia Arena, Senayan pada Jumat 25 Agustus.

Upacara pembukaan mulanya diagendakan bakal dihadiri  Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung. Namun karena ada agenda lain Presiden Jokowi urung hadir

Hal ini disampaikan Ketua LOC FIBA World Cup 2023, Budisatrio Djiwandono siang sebelum agenda dihelat. 

“Sepertinya (Presiden Jokowi) tidak hadir karena berdasarkan informasi yang kami terima, pak presiden sedang ada kegiatan baru dari Afrika. Sekarang sudah pulang (ke Indonesia) tapi sedang ada di Sumatera Utara,” ungkapnya. 

Kendati tak hadir secara langsung tapi Jokowi memberikan ucapan dan membuka agenda basket bergengsi kelas dunia ini melalui video singkat. Ia menyebut momen ini bisa jadi lecutan semangat untuk dunia basket Indonesia. 

“Ini kesempatan baik bagi masyarakat dan dunia basket Tanah Air, bisa menyaksikan langsung pemain basket dan pertandingan kelas dunia. Ini akan memacu kualitas basket Indonesia,” kata Jokowi dalam video.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, FIBA World Cup 2023 di Indonesia saya buka hari ini,” lanjut Jokowi. 

Meski tanpa kehadiran Presiden Jokowi secara langsung, upacara pembukaan FIBA World Cup 2023 berjalan lancar dan seru dengan kehadiran Cinta Laura dan Raffi Ahmad selaku local ambassador FIBA World Cup 2023.

Upacara pembukaan FIBA World Cup 2023 ini diawali dengan penampilan penari daerah yang membawakan beberapa tarian dan lagu nusantaa, seperti ondel-ondel yang diiringi grup musik GAC.

Bukan cuma itu, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan Agnez Mo. Penyanyi yang kini go internasional itu sukses mengguncang Indonesia Arena yang berkapasitas 16 ribu penonton. 

Single berjudul Coke Bottle menjadi pembuka penampilan Agnez Mo di hadapan penonton yang memenuhi tribun. Ia juga membawakan hits lainnya yaitu Get Loose.

Sebelum upacara pembukaan digelar, Indonesia Arena sudah gemuruh dengan dukungan para penonton yang hadir. Sebab sebelum upacara pembukaan, ada pertandingan pembuka Grup H antara Latvia vs Lebanon.

Dihadiri 5.834 penonton, Latvia berhasil menundukan Lebanon dengan skor 109-70 dalam babak penyisihan Grup H FIBA World Cup 2023. Setelah Upacara pembukaan, keseruan kembali berlanjut dengan digelarnya laga antara Kanada vs Prancis.

Dalam ajang FIBA World Cup 2023 Indonesia bukan satu- satunya tuan rumah. Sebab Filipina dan Jepang juga turut serta menggelar agenda ini sebagai tuan rumah Grup lainnya.