Bagikan:

JAKARTA - Inggris selangkah lagi meraih titel juara Eropa untuk kali pertama. Hanya Inggris harus mengalahkan Spanyol yang disebut manajer Gareth Southgate lebih diunggulkan pada laga final Euro 2024 di Stadion Olympic, Berlin, Minggu atau Senin, 15 Juli 2024 dini hari WIB.

Inggris dan Spanyol sama-sama memiliki kedalaman skuat yang menjadikan mereka sebagai unggulan di Euro 2024. Hanya, Spanyol menunjukkan penampilan impresif selama putaran final di Jerman.

Perjalanan menuju final La Roja pun lebih meyakinkan. Tim asuhan Luis de la Fuente mengalahkan tim-tim kuat. Mulai dari Kroasia di penyisihan grup kemudian Jerman dan Perancis di babak knockout.

Kontras dengan Inggris yang tampil kurang memuaskan di penyihan grup. Meski lolos ke 16 besar, namun The Three Lions tetap mendapat kritikan dari fans. Bahkan Southgate sampai menjadi sasaran lemparan setelah bermain imbang 0-0 melawan Slovenia.

Performa Harry Kane dkk mulai membaik di babak knockout. Kebetulan lagi, mereka bertemu lawan tak diunggulkan seperti Slovakia dan Swiss.

Di semifinal, Inggris baru bertemu tim unggulan dan menang 2-1 lewat gol penentuan super-sub Ollie Watkins sehingga lolos ke final.

Keberhasilan ini merupakan final ketiga Inggris di turnamen besar. Inggris pun berharap tidak gagal lagi seperti di final Euro 2020. Hanya, mereka harus bekerja keras menghadapi Spanyol yang lebih diunggulkan.

"Mereka jelas difavoritkan, terutama setelah melihat pencapaian mereka di turnamen ini. Bahkan mereka sepertinya merupakan tim terbaik," ucap Southgate seperti dikutip Mirror.

"Taktik mereka memang sungguh sempurna. Apalagi Spanyol tim yang bagus. Tetapi Anda tahu, kami sudah berada di sini [final]," kata dia lagi.

Menghadapi tim favorit yang menjadi juara Eropa 2008 dan 2012 ini, Southgate menuturkan Inggris harus menunjukkan penampilan yang berbeda. Mereka harus tampil istimewa bila ingin menjadi juara untuk kali pertama.

"Kami sesungguhnya juga melakoni turnamen dengan sangat baik. Tim ini juga sangat bagus. Tetapi kami harus menunjukkan penampilan sempurna untuk memenangkan laga ini," ujar Southgate.

"Kami memiliki banyak pemain bagus yang telah menjalani banyak pemain terbaik. Kami juga sudah melakukan persiapan secara maksimal selama beberapa hari terakhir," kata eks bek Inggris ini.

Persaingan ketat dari kedua tim yang memang menjadi unggulan. Kane bersaing dengan Alvaro Morata yang juga menjadi kapten Spanyol.

Baik Inggris maupun Spanyol memiliki bintang muda yang tengah melejit. Spanyol kembali mengandalkan Lamine Yamal yang berperan besar membawa tim ke final. Dari Inggris, Kobbie Mainoo menjadi pilar anyar dan bakal menjadi starter di laga final.