Digelar 2021, UEFA Tak Akan Ganti Nama Euro 2020
Ilustrasi (Twitter @UEFA)

Bagikan:

JAKARTA - UEFA tidak ada akan mengganti nama Euro 2020 meski turnamen ini diundur hingga tahun depan. Ini dilakukan di tengah mewabahnya COVID-19 atau virus corona di hampir di seluruh dunia.

Pekan ini diumumkan, turnamen negara-negara Eropa empat tahunan itu ditunda hingga 11 Juni - 11 Juli 2021. Jika kompetisi berjalan sesuai jadwal, ini akan menandai peringatan 60 tahun Kejuaraan Eropa tersebut. 

Karena alasan itu, pada Jumat kemarin ditegaskan tidak akan ada penamaan ulang untuk kompetisi ini.

Sebuah jawaban pada halaman pertanyaan yang sering diajukan di situs web UEFA berbunyi: "Kami percaya bahwa semua venue kami akan tetap sama, memastikan turnamen tetap benar dengan visi aslinya: mengadakan acara yang benar-benar di seluruh Eropa yang sesuai dengan ulang tahun ke-60 EURO.

"Turnamen masih akan dikenal sebagai UEFA EURO 2020."

Sebuah kicauan dari akun UEFA juga berbunyi: "Meskipun untuk sementara akan berlangsung dari 11 Juni - 11 Juli 2021, # EURO2020 masih akan dikenal sebagai UEFA EURO 2020."

 

UEFA menambahkan, belum dapat mengatakan apakah final kompetisi utama klub-klub Eropa masih akan berlangsung pada tanggal semula dan di tempat yang dijadwalkan.

"Masih terlalu dini untuk mengatakannya. Tujuan kami adalah menyelesaikan semua kompetisi klub Eropa dan domestik pada akhir musim olahraga saat ini - 30 Juni 2020 - jika situasinya membaik," tulis jawaban untuk pertanyaan lain.

"Namun, kesehatan semua orang yang terlibat dalam permainan harus terlebih dahulu dijamin.

"Kelompok kerja akan menilai skenario yang berbeda. Kita harus menunggu hasil dari diskusi serta evolusi situasi sebelum mencapai kesimpulan apa pun."

UEFA juga tidak dapat mengatakan bagaimana kualifikasi untuk kompetisi klub tahun depan dapat bekerja di tengah ketidakpastian, dengan menambahkan: "Masih terlalu dini untuk menjawab pertanyaan ini dan tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa semua kompetisi domestik dapat diselesaikan."