Bagikan:

JAKARTA — Klub sepak bola Al Nassr yang saat ini diperkuat oleh megabintang Cristiano Ronaldo meminta bantuan Indonesia untuk mengembangkan bulu tangkis di akademi mereka.

Permintaan itu disampaikan pihak Al Nassr ketika menerima kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, di markas Al Nassr Sports Club, Riyadh, Rabu, 1 Mei 2024.

Dito mengatakan bahwa dalam pertemuan itu Al Nassr menunjukkan niat untuk mengembangkan bulu tangkis mereka. Karena itu, Indonesia dianggap sebagai negara yang bisa membantu ambisi mereka.

"Mereka meminta bantuan SDM bulu tangkis, baik itu dari atlet dan pelatih, (agar bulu tangkis) bisa dikembangkan di Al Nassr," kata Dito di Kantor Kemenpora, Kamis, 2 Mei 2024, siang WIB.

Selain klub Al Nassr, keinginan mengembangkan bulu tangkis juga diminta oleh Pemerintah Arab Saudi. Sebelumnya, permintaan yang sama disampaikan juga oleh Uni Emirat Arab (UEA).

Dito mengatakan kesempatan emas ini sayang untuk dilewatkan begitu saja. Ia berharap pelatih-pelatih bulu tangkis Indonesia yang ingin meningkatkan pendapatan sebaiknya menerima penawaran ini.

"Jadi, memang sebenarnya potensi untuk para pelatih bulu tangkis yang mungkin belum senior untuk mengasah diri dan memiliki potensi pendapatan yang bagus, kami juga akan dukung," kata dia.

Kunjungan ke Al Nassr Sports Club ini adalah salah satu bentuk tindak lanjut kerja sama pada bulan Oktober 2023, yang dilakukan di hadapan Bapak Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman al-Saud.

Selain membahas kerja sama bulu tangkis, pertemuan itu juga membahas sepak bola dan membuka kemungkinan laga persahabatan antara Al Nassr dengan im Indonesia.

Peluang ini terbuka lebar karena Ronaldo adalah salah satu pesepak bola dengan basis penggemar yang sangat banyak di Indonesia. Hanya saja, kedua belah pihak belum memberi kepastian terkait rencana itu.