Kapten Uzbekistan U-23: Indonesia U-23 Adalah Tim Muda Kuat dan Tengah Berkembang
Umarali Rakhmonaliev, kapten Uzbekistan U-23 (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia U-23 dan Uzbekistan U-23 akan bentrok pada semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin, 29 April 2024.

Umarali Rakhmonaliev mengakui bahwa Garuda Muda bukan tim sembarangan, apalagi setelah membungkam Korea Selatan U-23 di perempat final.

Rakhmonaliev menyebut Indonesia U-23 berisi skuad berpengalaman yang sudah tampil reguler di tim nasional senior.

Terbaru, banyak pemain Indonesia U-23 saat ini sudah membela Merah-Putih di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Selain itu, kapten 20 tahun tersebut juga memahami bahwa di level klub, beberapa penggawa Garuda Muda sudah bermain untuk tim-tim Eropa..

Sebut saja Ivar Jenner (FC Utrecht), Marselino (KMSK Deinze), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Nathan Tjoe (SC Heerenveen). Bahkwan Witan Sulaeman pun pernah bermain di klub-klub Slovakia, Serbia, dan Polandia.

"Indonesia punya tim kuat. Mereka mengalahkan Republik Korea Selatan U-23 (di perempat final). Saya pikir mereka adalah tim muda yang sedang berkembang."

"Kami telah menganalisis tim mereka. Kami siap untuk pertandingan yang sulit. Saya fokus membantu tim dan kami hanya ingin mencapai target melaju ke final. Mudah-mudahan kami bisa menang dan (terus) menjadi juara," kata Rakhmonaliev.

Keyakinan Rakhmonaliev bukan tanpa alasan. Beberapa penggawa Uzbekistan U-23 juga punya pengalaman melimpah.

Rakhmonaliev misalnya, juga sudah bermain bersama tim nasional senior di Piala Asia 2023. Dia juga menjadi bintang tim di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-23 2023.

"Kami sangat senang berada di sini. Kami memiliki pertandingan penting dan kami siap. Kemenangan terakhir kami (melawan Arab Saudi U-23) sangat besar bagi kami dan kami sangat termotivasi."

"Namun penting untuk menyimpan emosi dan energi kami (untuk pertandingan melawan Indonesia U-23). Saya pikir kami memiliki motivasi yang cukup untuk pertandingan nanti," tuturnya.

Rakhmonaliev mengamini butuh tim berpengalaman menaklukkan Indonesia U-23 meski Garuda Muda merupakan tim debutan di Piala Asia U-23.

Dia percaya diri bisa melenggang ke final lantaran tak sedikit amunisi Uzbekistan U-23 juga punya pengalaman merumput di Eropa.

Misalnya saja Abdukodir Khusanov (Lens), Ibrokhimkhalil Yuldoshev (Kairat), Abbosbek Fayzullaev (CSKA Moscow), dan Rakhmonaliev yang baru pindah ke Rubin Kazan pada Januari 2024.

"Liga Rusia telah memberi saya pengalaman dan peningkatan sebagai pemain. Saya berbagi pengalaman dengan rekan satu tim (saat saya bersama tim nasional)," kata sang gelandang.