Peringkat FIFA Timnas Indonesia usai Kalahkan Vietnam
Timnas Indonesia berhasil mengambil tiga poin kontra Vietnam (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia sukses menumbangkan Vietnam dengan skor akhir 1-0. Meski menang tipis, hasil itu berdampak positif terhadap posisi Skuad Garuda di peringkat FIFA.

Timnas Indonesia dan Vietnam bersua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Pertemuan pada Kamis, 21 Maret 2024, itu merupakan laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pada pertandingan ini, Timnas Indonesia sempat kesulitan untuk mengembangkan permainan khususnya pada babak pertama. Jay Idzes dan kawan-kawan banyak melakukan kesalahan sendiri sehingga kesulitan menembus pertahanan Vietnam.

Berbeda dari Timnas Indonesia, The Golden Stars Warriors justru tampil apik pada paruh pertama dengan memberikan tekanan tinggi ke lini pertahanan lawan.

Melihat kebuntuan belum juga berakhir, Shin Tae-yong melakukan perubahan pada babak kedua dengan memasukkan Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, dan Sandy Walsh.

Keputusan ini membawa dampak positif karena Timnas Indonesia berhasil menghajar balik Vietnam hingga akhirnya gol tercipta.

Egy Maulana Vikri menjadi pencetak gol tunggal kemenangan Skuad Garuda pada menit ke-52.

Berdasarkan skor akhir, Timnas Indonesia memang hanya menang tipis. Namun, hasil itu membuat posisi Skuad Garuda kini berada di peringkat kedua klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia dengan koleksi empat poin.

Sementara bagi Vietnam, kekalahan dari Tim Merah-Putih membuat posisinya turun ke peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin.

Kemenangan tipis ini ternyata berpengaruh terhadap posisi Timnas Indonesia di peringkat FIFA. Ada kans Tim Merah-Putih bisa naik ke peringkat ke-138 FIFA dari sebelumnya 142.

Pasalnya, Timnas Indonesia yang saat ini berada di posisi ke-142 akan mendapat tambahan poin sebesar 15.37. Artinya, poin Skuad Garuda akan bertambah dari 1.072,66 poin menjadi 1.088,03.