Kalahkan Torino, Ranieri Bawa Fiorentina Kembali ke Empat Besar
Bek Fiorentina Luca Ranieri saat mencetak gol di pertandingan Serie A Italia melawan Torino. (X/@afcfiorentina)

Bagikan:

JAKARTA - Fiorentina bekerja keras untuk menaklukkan Torino 1-0 di laga Serie A Italia di Stadion Artemio Franchi, Sabtu, 30 Desember dini hari WIB. Satu-satunya gol dari Luca Ranieri membawa Fiorentina ke empat besar.

Persaingan memperebutkan slot di zona Liga Champions kian ketat. Bologna yang menduduki peringkat empat mendapat ancaman serius dari Fiorentina, AS Roma dan Napoli.

Napoli belum sepenuhnya berhasil merapatkan jarak poin dengan Bologna karena hanya mendapat satu poin setelah bermain imbang 1-1 melawan Monza. Hasil itu menempatkan Napoli di peringkat tujuh dengan poin 28.

Sebaliknya, Fiorentina sukses menggusur Bologna. Mereka masuk ke zona Liga Champions dengan menduduki peringkat empat setelah menang tipis atas Torino.

Kemenangan itu menjadikan La Viola memiliki poin 33. Fiorentina tidak hanya meggeser Bologna tetapi juga menyamai poin AC Milan. Hanya, I Rossoblu masih kalah selisih gol dengan Milan.

Sementara Torino tertahan di peringkat 10. Memiliki poin 24, posisi II Toro sudah aman di papan tengah. Mereka sudah unggul jauh dengan Cagliari yang berada di zona degradasi.

Pertandingan itu sendiri berjalan imbang. Torino sempat mengancam pertahanan Fiorentina lewat sundulan Duvan Zapata menit 24.

Namun kiper Pietro Terracciano melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola.

Fiorentina mendapat peluang emas saat Jonathan Ikone berhasil memotong back-pass Adrien Tameze menjelang akhir babak pertama.

Ikone pun tinggal berhadapan dengan kiper Vanja Milinkovic-Savic, namun dia gagal menaklukannya.

Di babak kedua, Fiorentina bermain menyerang untuk menekan pertahanan lawan. Namun tuan rumah harus menunggu sampai pertandingan hampir berakhir saat Ranieri membobol gawang Torino di menit 83.

Gol yang memecah kebuntuan berawal dari umpan silang Michael Kayode dari sisi kanan.

Bola silang itu disambut Ranieri yang menjebol gawang Torino. Ini menjadi gol keempat Ranieri musim ini. Bek berusia 24 ini pun mengukuhkan sebagai pemain belakang yang produktif mencetak gol.

Skor 1-0 untuk Fiorentina bertahan sampai akhir laga. Pelatih Vincenzo Italiano merasa puas karena tim bisa menutup tahun 2023 dengan kemenangan.

"Kami melakoni tahun 2023 yang luar biasa," kata Italiano seperti dikutip Football Italia.

"Kami melakoni banyak pertandingan dan meraih momen-momen yang luar biasa dan memuaskan. Kami menutup tahun ini dengan kemenangan yang tidak mudah. Sekali lagi kami menunjukkan tak pernah menyerah," ucap dia.