Chelsea Harus Manfaatkan Ketumpulan Brighton di Stamford Bridge
Raheem Sterling akan menjadi tumpuan Chelsea meraih tiga poin kontra Brighton di pekan ke-14 Liga Inggris 2023/2024 (Instagram/@chelseafc).

Bagikan:

JAKARTA – Chelsea akan menjamu Brighton and Hove Albion pada pekan ke-14 Liga Inggris 2023/2024 di Stamford Bridge, Minggu, 3 Desember 2023, malam WIB.

Si Biru belum tampil bagus pada musim ini. Mereka masih berkutat di papan tengah, tepatnya peringkat ke-11 dengan 16 poin

Brighton justru lebih baik. Mereka ada di tangga kedelapan dengan koleksi 22 poin.

Chelsea hanya mengemas lima poin dari lima pertandingan Liga Inggris terbaru dengan perincian satu kali menang, dua seri, dan dua kekalahan. Salah satu kekalahan terjadi pada pekan sebelumnya ketika mereka dibantai Newcastle United 1-4.

Mauricio Pochettino tentu ingin menebus kekalahan itu ketika berjumpa Brighton. Chelsea di atas kertas diunggulkan.

Mereka mengoleksi 13 kemenangan, lima seri, dan tiga kekalahan dalam 21 pertemuan dengan Brighton.

Belum lagi catatan buruk lain tim tamu yang mana Brighton tidak bisa mencetak gol dalam delapan dari 10 kunjungan mereka ke Stamford Bridge di semua ajang.

Laga ini menjadi ajang Pochettino mendapat kepercayaan lagi. Dia harus menyetop rentetan rekor buruk.

Sebelumnya diketahui, pelatih asal Argentina itu malah menorehkan statistik buruk dalam dua laga Liga Inggris musim ini. Mereka kebobolan empat gol dua laga beruntun, tren buruk pertama kali sejak terakhir mengalami pada Desember 1989.

Perinciannya, Chelsea bermain seri 4-4 kontra Manchester City sebelum dihantam 1-4 oleh Newcastle.

Laga melawan Brighton di rumah sendiri memang punya misi titik balik Chelsea. Hanya saja, Pochettino mesti meramu dengan baik pemain yang tersedia.

Soalnya, Chelsea sudah dipastikan tak bisa memainkan tujuh pemain pilarnya. Ben Chilwell, Malo Gusto, Trevoh Chalobah, Wesley Fofana, dan Carney Chukwuemeka masih cedera. Reece James dan Marc Cucurella harus menjalani hukuman akumulasi kartu.

Sementara tiu, Christopher Nkunku dan Romeo Lavia harus melihat kondisi terakhir sebelum laga. Kalau mereka fit maka siap diturunkan menghadapi Brighton.

“Kami perlu menilai besok dan kemudian memutuskan. Semuanya sudah dekat dan besok kami akan mengambil keputusan,” kata Pochettino di The Standard.

“Lavia mungkin lebih sulit, tapi kami perlu menilai Christopher Nkunku besok.”

Meski begitu, Si Biru tak perlu khawatir. Brighton bertamu juga dalam keadaan pincang. Mereka juga kehilangan tujuh pemain kunci.

Jadi, seharusnya catatan di atas kertas plus kondisi terkini lawan bisa dimanfaatkan untuk meraih tiga poin dan mulai merangkak ke atas. Setidaknya, tambahan poin sempurna bisa menggeser Brentford di peringkat ke-10.