Bagikan:

JAKARTA – Mali U-17 memastikan tiket lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 setelah menang telak 5-1 atas Kanada U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis, 16 November 2023.

Dua gol keunggulan yang dibuat Mali U-17 masing-masing dicetak oleh Ibrahim Diarra pada menit ke-14 dan Mahamoud Barry pada menit ke-28 setelah melibatkan video assistant referee (VAR).

Kanada U-17 lalu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 tepat di pengujung waktu normal babak pertama. Gol tersebut dibuat oleh Richard Chukwu.

Pada paruh kedua, Mali U-17 menambah tiga gol lagi ke gawang Kanada U-17. Pesta gol tersebut dimulai dari Ibrahim Kanate yang memaksimalkan umpan Diarra pada menit ke-73.

Hanya berselang empat menit Hamidou Makalou mencatatkan namanya di papan skor. Lalu gol terakhir Mali U-17 dijaringkan Ousmane Thiero pada menit ke-90+1'.

Hasil itu membuat Mali U-17 finis di posisi kedua dengan enam poin. Mereka mendampingi Spanyol U-17 yang finis sebagai juara grup untuk melaju ke babak gugur.

Adapun Kanada U-17 dipastikan tersingkir dari Piala Dunia U-17 2023. Mereka tidak memiliki poin sama sekali dari tiga pertandingan yang dimainkan.

Sementara itu, Uzbekistan U-17 yang bermain seri melawan Spanyol U-17 pada laga terakhir duduk di posisi ketiga dengan empat poin. Mereka berharap lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Susunan Pemain

Kanada U-17 (4-4-2): Nathaniel Abraham; Theo Rigopoulos, Chimere Omeze, Lazar Stefanovic, Richard Chukwu; Philip Igbinobaro, Tyler Londono, Jeevan Badwal, Lino Aklil; Tj Tahid, Lucas Ozimec

Pelatih: Andrew Olivieri

Mali U-17 (4-4-2): Bourama Kone; Moussa Traore, Issa Traore, Baye Coulibaly, Souleymane Sanogo; Ibrahim Kanate, Hamidou Makalou, Sekou Kone, Ibrahim Diarra; Ange Tia, Mahamoud Barry

Pelatih: Soumaila Coulibaly