Bagikan:

JAKARTA - Aston Villa memiliki peluang emas untuk menyamai rekor klub 40 tahun ketika menjamu Fulham di Stadion Villa Park dalam pertandingan Premier League pada Minggu 12 November.

Pasukan Unai Emery memiliki kesempatan untuk memenangkan 13 pertandingan kandang berturut-turut di liga, sesuatu yang belum pernah mereka capai sejak tahun 1983.

Kemenangan menjadi prioritas utama bagi Emery, terutama setelah timnya mengalami kekalahan mengejutkan di markas Nottingham Forest pekan lalu, yang membuat mereka gagal meraih posisi empat besar.

Kekalahan tersebut mengakhiri catatan enam pertandingan tak terkalahkan Villa di liga, tetapi Liverpool dan Arsenal masih dapat dikejar, hanya selisih dua poin dari Villa menjelang akhir pekan.

Villa membutuhkan hasil positif dari Brentford atau Burnley untuk mengalahkan kedua tim tersebut jika ingin masuk ke jeda internasional dengan berada di posisi empat besar. Namun, tuan rumah diyakini dapat melakukannya sendiri mengingat performa mereka di Villa Park musim ini.

Hanya Everton yang mampu meraih kemenangan di sini sejak pertengahan Februari dalam berbagai kompetisi, dan Villa sempurna di Premier League dengan lima kemenangan dari lima pertandingan, mencetak 20 gol.

Meskipun begitu, pertahanan Villa terbilang rentan dengan hanya dua clean sheet dalam 13 pertandingan terakhir, yang diraih melawan Chelsea dan Zrinjski Mostar.

Pemain tengah belakang, Diego Carlos, diragukan tampil untuk Aston Villa setelah ditarik keluar karena cedera ringan dalam kemenangan Liga Europa melawan AZ pada Kamis, 9 November. Sementara itu, bek kiri yang telah pulih, Alex Moreno, menanti pertandingan pertamanya sejak mengalami masalah hamstring serius pada bulan Mei.

Sementara itu, Rodrigo Muniz diharapkan absen selama beberapa minggu untuk Fulham setelah mengalami cedera lutut dalam pertandingan melawan Manchester United akhir pekan lalu. Tosin Adarabioyo, Kenny Tete, dan Adama Traore mungkin akan kembali masuk ke skuat pertandingan, meskipun kemungkinan besar tidak akan dimulai.

Di sisi lain, Fulham yang akan menjadi lawan Villa, tampil kurang produktif di lini serang dengan lima kali gagal mencetak gol musim ini. Kekalahan 1-0 di kandang dari Manchester United pekan lalu membuat mereka berada di posisi 15, enam poin di atas zona degradasi.

Manajer Marco Silva masih mencari solusi setelah kepergian Aleksandar Mitrovic, dengan Joao Palhinha dan Bobby Decordova-Reid menjadi pencetak gol terbanyak Fulham dengan dua gol masing-masing.

Dalam pertemuan ini, Villa tidak dapat mengandalkan Diego Carlos yang cedera, sementara Fulham kehilangan Issa Diop dan Tosin Adarabioyo. Pertandingan ini menjadi kesempatan bagi Villa untuk mencatatkan rekor kandang yang membanggakan dan menjaga asa mereka di papan atas klasemen.

Pertandingan akhir pekan ini akan menjadi ujian berat bagi Fulham saat mereka menghadapi salah satu tim dalam performa terbaik di liga, Aston Villa, yang tengah mencari kemenangan ke-13 berturut-turut di Villa Park. Meski angka 13 dianggap tidak beruntung oleh beberapa orang, namun hal tersebut bisa saja membawa sial bagi Fulham.

Satu pemain yang pasti merasa tidak beruntung adalah Rodrigo Muniz. Manajer Fulham, Marco Silva, mengumumkan bahwa pemain asal Brasil ini akan absen selama tiga hingga empat minggu setelah mengalami cedera pekan lalu. Masih menjadi pertanyaan siapa yang akan menggantikannya di lini depan.

Dalam pertandingan melawan Manchester United, komposisi lini tengah Fulham agak berbeda. Silva harus memutuskan apakah Lukic atau Reed akan kembali bermain bersama Joao Palhinha, atau apakah Iwobi akan melanjutkan perannya. Bagaimanapun juga, gelandang internasional Nigeria ini harus tetap masuk dalam starting XI.

Di tempat lain, Kenny Tete terlihat berlatih pada pekan ini dan Silva memberi isyarat bahwa dia mungkin akan masuk dalam skuad, tetapi diragukan apakah dia akan menggantikan Castagne, yang tampil impresif selama absennya Tete. Sebagai kabar baik, Silva juga mengatakan bahwa Adama dan Tosin mungkin juga akan segera kembali.

Ini merupakan pertandingan terakhir sebelum jeda internasional lagi. Selain perjalanan ke Anfield dan St. James' Park, jadwal pertandingan Fulham di bulan Desember terlihat lebih ramah - namun tekanan untuk mengumpulkan beberapa poin sangat besar, atau gambaran musim ini bisa berubah secara signifikan.