Bagikan:

JAKARTA - Mantan pemain timnas Spanyol, Joan Capdevila, menilai Jordi Amat adalah sosok pemain yang punya pengalaman luar biasa. Dia menyebut, pengalaman itu akan berdampak positif untuk Timnas Indonesia.

Capdevila mengaku tak mengenal betul sosok Jordi Amat. Pasalnya, dia tak pernah bermain bersama pemain naturalisasi Timnas Indonesia tersebut selama berseragam Espanyol, baik di akademi maupun senior.

Namun, pemain yang membantu timnas Spanyol memenangi Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 itu yakin Jordi Amat dapat memberikan nilai lebih untuk Skuad Garuda.

"Jordi Amat lebih muda dari saya. Tidak pernah bertemu di akademi dan tidak bertemu di tim utama. Tetapi, Jordi Amat punya pengalaman yang diterima dari Eropa, dari Spanyol, dari Espanyol," kata Capdevila.

"Saya yakin Jordi bisa memberikan pengalaman dan nilai lebih kepada timnas," tambahnya, dilansir dari Antara.

Jordi Amat memang sudah kenyang pengalaman bermain di Eropa selama satu dekade lebih. Dia membela klub-klub ternama seperti RCD Espanyol (Spanyol), Rayo Vallecano (Spanyol), Swansea City (Inggris), Real Betis (Spanyol), dan KAS Eupen (Belgia).

Dia kemudian menjalani proses naturalisasi dan debut bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 melawan Kamboja. Sang pemain tercatat telah mengantongi delapan caps dengan satu gol.

Capdevila pun bangga dapat melihat Jordi Amat yang merupakan salah satu didikan tim muda Espanyol, klub yang juga membesarkan namanya, dapat berguna bagi sepak bola Indonesia.

"Dan Spanyol sangat senang dengan adanya satu pemain seperti Jordi Amat bermain untuk timnas Indonesia. Jordi Amat, senang sekali salah satu pemain dari akademi muda (Espanyol) bermain di sini, sungguh luar biasa," ucap mantan pesepak bola yang kini berusia 45 tahun itu.