Bagikan:

JAKARTA – Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti memastikan tidak akan melakukan team order untuk mempermulus perjalanan Francesco Bagnaia mengangkat gelar juara MotoGP 2023.

Saat ini Bagnaia yang menunggang motor pabrikan Ducati, menduduki posisi teratas klasemen sementara dengan koleksi 319 poin. Dia dipepet pebalap satelit Ducati, Jorge Martin yang mengumpulkan 316 poin.

Dalam situasi seperti itu, Ducati diprediksi bisa melakukan team order meminta Jorge perlu mengalah demi mempermulus jalan Bagnaia. Akan tetapi, kemungkinan tersebut disangkal Cabiatti.

"Tidak. Tidak ada team order. Maksud saya ini sangat sederhana. Saya mencoba menjelaskan kepada orang-orang bahwa kami tidak menyukai situasi ini," kata dia.

Jarak poin yang sangat tipis antara Bagnaia dan Jorge Martin membuat perebutan gelar juara masih berlangsung sengit di sisa seri musim ini. Terlebih Marco Bezzecchi yang mengekor di posisi ketiga memiliki selisih poin masing-masing 54 dan 51 dari kedua pebalap di depannya.

Cabiatti mengatakan, situasi seperti ini sudah menjadi risiko yang harus dijalani tim. Karena itu, tim cuma perlu terus bekerja dan membiarkan pebalap mereka bersaing adil hingga ujung musim.

"Ini adalah risiko yang kami ambil dengan senang hati. Kami senang untuk menjalankannya," kata dia.

"Maksud saya, seperti yang saya katakan, mudah. Jika anda tidak menginginkan persaingan maka anda tidak perlu memberikan materi yang sama. Jadi, jika anda memberikan materi yang sama, itu berarti anda siap menerima bahwa salah satu pebalap mungkin lebih baik dari yang lain," imbuh dia.

Sebelumnya, Jorge Martin sudah menegaskan, jika ada team order, dirinya bersikeras tidak mau mengindahkan.

"Pada musim lalu memang ada team order. Mereka bilang kepada kami bahwa kami harus hati-hati, bahwa kami tidak boleh menyalip dia... Sejak awal musim kami sangat berhati-hati dengan dia, dan pada akhirnya ini memengaruhi anda di dalam balapan," ujar Jorge.

"Musim ini kami tidak menerima perintah apapun. Dan bahkan jika Ducati mengatakan sesuatu kepadaku, aku tidak mau mendengarnya," tambah dia.

Usaha Bagnaia dan Jorge Martin untuk menjadi yang terbaik akan berlanjut akhir pekan ini saat mereka berlomba di Sirkuit Mandalika, Minggu, 15 Oktober mendatang.