Prediksi Pertandingan Liga 1 2023/2024 Persis Vs Persija: Manfaatkan Krisis Lini Depan Tuan Rumah
Persija Jakarta akan menyambangi markas Persis Solo pada lanjutan Liga 1. (Foto: Instagram.com/@persija)

Bagikan:

JAKARTA - Persis Solo akan menjamu Persija Jakarta pada Pekan ke-14 Liga 1 2023/2024 pada Sabtu, 29 September. Lawatan ke Stadion Manahan itu bisa jadi momen bagi Persija untuk curi poin mengingat tuan rumah tengah krisis di lini depan.

Persis Solo dipastikan kehilangan banyak pemain depan dengan sejumlah alasan. Ramadhan Sananta absen dari tim karena merapat ke China untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2023. 

Tak hanya Sananta, Arkhan Kaka juga harus absen karena tengah menjalani pemusatan latihan bersama Timnas U-17 di Jerman sebagai persiapan Piala Dunia U-17 2023. 

Selain dua pemain yang dipanggil Timnas, Persis juga tak akan diperkuat Diego Bardanca dan Moussa Sidibe yang harus absen akibat akumulasi kartu kuning. Sementara Fernando Ortega sedang izin pulang ke Spanyol untuk menemani istrinya yang baru melahirkan.

Meski demikian tim berjuluk Laskar Sambernyawa tak mau menyerah begitu saja. Mereka punya modal mumpuni untuk menjamu Macan Kemayoran di kandang.

Sebelum ini Persis sukses meraih dua kemenangan dari dua laga terakhir. Momen tersebut bisa jadi lecutan semangat Leonardo Medina meraih kemenangan ketiga beruntun akhir pekan ini.

Di kubu tamu, Persija Jakarta datang ke Solo dengan kondisi yang kurang baik. Pasalnya dari lima laga terakhir, pasukan Thomas Doll ini hanya mencatatkan satu kemenangan, tiga hasil imbang, serta satu kekalahan.

Kekuatan mereka di lini depan juga dirasa menurun menyusul absennya Marko Simic ke Serbia demi menyembuhkan cederanya. Macan Kemayoran juga kehilangan Rizky Ridho dan Syahrian Abimanyu ke China untuk membela Skuad Garuda di ajang Asian Games.

Jika merujuk pada statistik pertemuan kedua tim, Persis dan Persija saling mengalahkan di pertemuan musim lalu. Catatan ini membuat hasil pertandingan kali ini cukup sulit diprediksi, terutama melihat kekuatan kedua tim sepanjang musim ini yang tak berbeda jauh.

Meski demikian, Persija Jakarta harusnya menatap laga ini dengan semangat bangkit. Situasi tuan rumah yang lebih banyak kehilangan pemain depan harus bisa jadi momen bagi Persija untuk mencetak hasil baik.

Prediksi Susunan Pemain

Persis Solo (3-4-3): Muhammad Riyandi; Rian Miziar, Jaimerson Xavier, Sutanto Tan; Eky Taufik, Alexis Messidoro, M. Shulton Fajar, Faqih Maulana; Alfath Fathier, David Gonzalez, Althaf Indie

Pelatih: Leonardo Medina

Persija Jakarta (3-5-2): Andritany Ardhiyasa; Muhammad Ferarri, Ondrej Kudela, Hansamu Yama; Rio Fahmi, Maciej Gajos, Rayhan Hannan, Rezky Fandi, Firza Andika; Ryo Matsumura, Aji Kusuma

Pelatih: Thomas Doll