Lionel Messi Siapkan Opsi Jika Tak Lagi Berkarier di Sepak Bola, Pelatih Bukan Pilihan
Pemain Inter Miami, Lionel Messi. (Foto: Twitter/@InterMiamiFC)

Bagikan:

JAKARTA - Lionel Messi dinilai sudah memasuki masa-masa akhir kariernya. Pemain asal Argentina itu kini menginjak usia 36 tahun.

Messi mengaku sudah memiliki rencana apabila nantinya memutuskan gantung sepatu. Pemain dengan koleksi gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) terbanyak sepanjang sejarah itu ternyata tak tertarik untuk menjadi pelatih.

Messi justru lebih ingin merintis karier sebagai direktur olahraga.

Mantan bintang Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG) itu mengungkapkan, keinginan itu karena sadar menjadi pesepak bola profesional memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Namun, sejak menandatangani kontrak sebagai pemain profesional pada 2004, tepatnya saat bergabung bersama Barcelona, Messi menikmati profesi ini.

"Untuk saya, ini adalah sebuah profesi. Saya cukup beruntung bisa melakoni profesi yang saya suka. Meski tetap ada tanggung jawab dan target, hal itu tetap menjadi sesuatu yang saya nikmati. Apa yang akan saya lakukan selanjutnya? Saya tidak tahu, tapi saya ingin menjadi direktur olahraga, bersama anak-anak saya, dan mengajar (sepak bola)," kata Lionel Messi dilansir dari 90Min saat wawancara dengan Olga.

Keinginan menjadi direktur olahraga diungkap Messi bukan kali pertama terjadi. Dalam wawancara dengan jaringan media asal Spanyol, La Sexta di 2020 silam, Messi juga mengungkapkan keinginan serupa.

"Saya tidak melihat diri saya sebagai pelatih (pada masa mendatang), mungkin lebih condong sebagai direktur olahraga yang bisa mendatangkan pemain yang saya inginkan atau klub butuhkan," kata Messi sebelumnya.

Hingga saat ini Messi masih terdaftar sebagai pesepakbola aktif yang membela klub Amerika Serikat, Inter Miami. Sejauh catatan kariernya, Messi telah tampil lebih dari 1000 pertandingan resmi, baik di level klub maupun bersama timnas Argentina.

Pemain berjuluk La Pulga itu juga telah mencetak lebih dari 800 gol di sepanjang karier profesionalnya hingga saat ini. Messi juga nyaris telah meraih semua gelar bergengsi, baik di level klub maupun di level timnas.

Mulai dari trofi Liga Champions, hingga gelar juara Piala Dunia buat Argentina. Berbagai koleksi trofi itu dilengkapi Messi dengan penghargaan individu, termasuk tujuh gelar Ballon d'Or.