Hasil Liga 1: Persija Taklukkan Tuan Rumah Persik 2-1, Borneo FC Kalahkan PSS 1-0
Pelatih Persija asal Jerman, Thomas Doll akhirnya menghadirkan kemenangan setelah gagal menang dalam lima laga terakhir Macan Kemayoran di Liga 1 2023/2024. (Twitter/@persija_jkt)

Bagikan:

JAKARTA – Tim elite Liga 1, Persija Jakarta akhirnya meraih kemenangan dari enam pertandingan terakhir mereka. Setelah mencetak tiga hasil seri dan dua kalah, kali ini Macan Kemayoran menang. Tim Kota Tahu, Persik Kediri yang dikalahkan Persija dengan skor 2-1 di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu 17 September 2023.

Tuan rumah unggul lebih dahulu lewat striker asli Kediri, Mohammad Khanafi. Pemain berusia 24 tahun yang sebelumnya membela Persedikab Kabupaten Kediri, mencetak gol saat babak pertama menunjukkan menit 35’. Ini adalah torehan gol ke-4 Khanafi dalam 15 pertandingan Persik, yang dia bela mulai musim ini.

Beruntung Persija mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat Firza Andika. Pada menit 68’ babak kedua, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu berhasil membobol gawang Macan Putih yang dijaga Kartika Ajie.

Keberuntungan Macan Kemayoran tak berhenti sampai di situ. Pada menit 90'+6, Persija mendapatkan durian runtuh ketika wasit menghadiahkan penalti. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan libero asal Republik Czech, Ondrej Kudela. Sepakannya mampu mengecoh Kartika Ajie, sekaligus memberikan kemenangan untuk Persija.

Di Stadion Segiri Samarinda, tuan rumah Borneo FC memetik tiga angka penuh. Kali ini tim berjulukan Pesut Etam itu mengungguli tamunya yang dijuluki Elang Jawa, PSS Sleman.

Borneo yang lebih banyak menyerang memanfaatkan posisi sebagai tuan rumah. Serbuan yang dilakukan penyerang timnas Indonesia, Stefano Lilipaly dan kawan-kawanya, akhirnya menembus jala PSS yang dikawal kiper timnas Filipina, Anthony Pinthus. Gol semata wayang Borneo FC dihasilkan oleh bek asal Portugal, Silverio Silva pada menit 90'+5.

Hasil pertandingan Liga 1 pekan ke-12 ini menempatkan Borneo FC di urutan ke-2 klasemen sementara dengan nilai 22, Persija berada di urutan ke-11 dengan poin 17, PSS di peringkat ke-12 dengan nilai sama 17, dan Persik di peringkat ke-14 dengan 12 poin.