Bagikan:

JAKARTA - Pekan ke-12 Liga 1 2023/2024 akan menghadirkan Derby Jawa Barat antara Persib Bandung versus Persikabo 1973. Pertandingan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Sabtu, 16 September pukul 15.00 WIB.

Pertemuan dengan Persikabo 1973 menjadi keunggulan buat Maung Bandung. Selain karena bakal tampil di kandang sendiri, kondisi tim tamu juga masih belum membaik.

Bagi Persib, kemenangan atas Persikabo 1973 menjadi target utama di laga ini. Sebab selain untuk menyenangkan suporter, laga di home ini juga bakal jadi ajang membalas kekecewaan karena mengalami kekalahan 1-4 dari tim Laskar Pajajaran pada laga pamungkas di Liga 1 musim lalu.

Persib mungkin tampil tanpa Beckham Putra yang mengalami cedera. Selain Beckham Putra yang kemungkinan absen di laga besok, Alberto Rodriguez juga mungkin tak bisa main karena belum pulih 100 persen.

Di kubu Persikabo, mereka bertamu ke kandang Maung Bandung dengan situasi yang kurang menguntungkan. Tim berjuluk Laskar Padjajaran itu belum meraih kemenangan dari lima laga terakhir yang dijalani di Liga 1 2023/2024.

Soal kondisi pemain, situasi Persikabo juga tak jauh beda dengan Persib. Mereka kehilangan dua pemainnya yakni Dimas Drajad yang masih mengalami cedera, dan Andy Setyo yang harus bergabung dengan Timnas Indonesia U-24 untuk Asian Games 2023, di Guangzhou, China.

Melihat catatan di atas kertas, Persib memang lebih diunggulkan dibanding Persikabo. Namun berkaca dari data statistik rekor pertemuan kedua, Persikabo kerap mampu menyulitkan Persib untuk bisa meraih hasil kemenangan.

Tercatat dari 14 kali perjumpaan kedua tim, Persib Bandung hanya meraih lima kali kemenangan.

Di laga lainnya, tiga kali dimenangkan Persikabo 1973,dan enam kali sisa pertandingan berakhir dengan hasil imbang.

Bahkan, dalam lima duel terakhir, tim Maung Bandung hanya sekali mampu menaklukkan tim Laskar Pajajaran. Sisanya, Persikabo satu kali meraih kemenangan, dan tiga kali imbang.

Prediksi susunan pemain:

Persib Bandung (4-2-3-1): Teja Paku Alam; Kakang Rudianto, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Daisuke Sato; Rachmat Irianto, Marc Klok, Frets Butuan, Levy Madinda, Ezra Walian; David da Silva.

Pelatih: Bojan Hodak

Persikabo 1973 (4-3-3): Syahrul Fadil; Frengky Missa, Didik Wahyu, Nikola Kovacevic, Syahrul Lasinari; Ronny Sugeng, Kaishu Yamazaki, Guntur Triaji; Komarudin, Yandi Sofyan, Jose Varela.

Pelatih: Aji Santoso.