Apa Itu Otot Pectoral Major dan Fungsinya pada Tubuh
Apa itu otot pectoral major (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dada yang bidang dibentuk oleh otot yang kuat dan tebal dari toto pectoralis major. Apa itu otot pectoralis major? otot ini berbentuk seperti kipas dan letaknya berada di antara dinding dada. Otot inilah yang membentuk dada pria dan berada di bawah payudara wanita. 

Otot pectoralis major juga membantu tubuh menggerakan bahu. Terdapat dua pectoralis major di setiap sisi dada. Keberadaan otot ini membantu Anda bisa menarik lengan melintasi bagian depan tubuh. Lantas apa itu otot pectoralis major dan fungsinya?

Apa Itu Otot Pectoralis Major?

Otot pectoralis major merupakan salah satu otot yang menghubungkan dinding depan dada dengan tulang lengan atas dan bahu. Otot ini ada dua yang terletak di setiap sisi tulang dada, yaitu pectoralis major dan pectoralis minor. 

Pectoralis major memiliki ukuran lebih besar dan lebih dangkal yang berasal dari klavikula (tulang selangka), tulang rusuk, tulang dada, dan perpanjangan tendon otot perut miring eksternal. Otot ini berukuran memanjang melintasi bagian atas dada dan melekat pada punggung di bagian belakang tulang lengan atas. 

Sementara pectoralis minor terletak dominan di bagian bawah pectoralis major. Otot ini timbul dari tulang rusuk tengah dan masuk ke dalam (menempel) skapula atau tulang belikat. Otot ini membantu menarik bahu ke depan dan ke bawah.

Otot pectoralis major disuplai dengan saraf dari pleksus brakialis. Otot bagian atas dipersarafi oleh saraf pectoralis lateral yang berasal dari serviks tingkat lima, enam, dan tujuh. Pada bagian bawah dada, otot ini dipersarafi oleh saraf pektoral lateral dan media dari serviks tingkat lima, enam, tujuh, delapan, dan toraks tingkat satu. 

Fungsi Otot Pectoral Major

Otot pectoral major berfungsi untuk membantu dapat menarik lengan mengarah ke bagian depan tubuh. Otot ini juga bekerja dengan subscapularis (rotator cuff) untuk memungkinkan gerakan memutar lengan ke dalam. 

Ketika lengan Anda dalam posisi tidak bergerak atau sedang menahan beban, pectoralis major akan bekerja dengan latissimus dorsi dan penstabil skapula lainnya untuk mengangkat tubuh. Otot-otot ini akan bekerja sama ketika Anda menggunakan lengan untuk mendorong. 

Otot dada membantu mengangkat bagian dada dan tulang rusuk ketika melakukan pernapasan berat. Kondisi ketinggian ini diperlukan agar paru-paru dapat mengembang dengan maksimal ketika Anda menghirup dan melepaskan udara. 

Cedera Pectoral Major

Cedera pectoral major sebenarnya cukup jarang terjadi. Namun otot ini juga bisa cedera apabila terjadi jumlah tekanan berlebihan yang membebani tendon dan dapat menyebabkan robek. 

Cedera robek pada otot pectoralis major bisa dikategorikan berdasarkan tingkat keparahannya sebagai berikut:

  • Tingkat I: peregangan tendon yang berlebihan
  • Tingkat II: tendon meregang secara berlebihan dan menyebabkan robek sebagian
  • Tingkat III: robekan pada seluruh ketebalan tendon pectoralis

Terjadinya cedera pada otot pectoral major umumnya dialami oleh para atlet olahraga angkat beban khususnya yang memakai bench press. 

Gejala Cedera Pectoral Major

Berikut ini beberapa gejala yang bisa dirasakan apabila Anda mengalami cedera pada otot pectoral major:

  • Nyeri di bagian depan bahu
  • Terdengar bunyi ‘letupan’ saat terjadi cedera
  • Pembengkakan di bagian depan bahu
  • Memar di dada atau lengan atas
  • Kesulitan menggerakan lengan ke dalam atau melintasi tubuh
  • Divot yang terlihat atau teraba di bagian depan bahu

Demikianlah ulasan apa itu otot pectoral major dan fungsinya bagi tubuh. Otot ini memiliki peran penting pada pergerakan dada, bahu, dan lengan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.