Sun Life Donasikan Rp10 Miliar untuk Dukung Gaya Hidup Sehat via Olahraga Basket
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan asuransi PT Sun Life mendonasikan Rp10 miliar untuk fasilitas lapangan basket guna mendukung gaya hidup sehat bagi anak-anak kurang mampu di Asia.

Lapangan basket tersebut bisa digunakan oleh komunitas pemuda dan olahraga di Indonesia, Filipina, Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Program filantropi yang dijalankan bersama Beyond Sport, yayasan olahraga global yang berfokus pada perubahan sosial ini merupakan respons atas laporan Active Healthy Kids Global Alliance 2022 yang didukung Sun Life.

Laporan Active Healthy Kids Global Alliance 2022 menyoroti kurangnya aktivitas fisik dan banyaknya perilaku sedentari di kalangan anak-anak dan remaja di Asia.

Hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, obesitas, gangguan kesehatan mental, serta berbagai kondisi kesehatan lainnya yang merugikan.

Menurut laporan tersebut, dalam hal aktivitas fisik, Hong Kong dan Malaysia mendapat nilai D, sementara Indonesia, Filipina, dan Vietnam mendapat nilai F.

Hasil ini mengindikasikan bahwa kurang dari 20 persen anak berusia 6-17 tahun mencapai rata-rata aktivitas fisik moderat hingga intens selama minimal 60 menit setiap hari.

Vice President, Branding Communications & Client Experience Sun Life Indonesia Kaiser Simanungkalit mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu jutaan keluarga untuk meraih kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Kaiser menambahkan, kurangnya aktivitas fisik dan perilaku yang cenderung statis di kalangan generasi muda Asia telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, dan berisiko terhadap peningkatan berbagai kondisi kesehatan serius.

"Oleh karenanya, perlu ada upaya untuk meningkatkan kesadaran serta menyediakan fasilitas dan edukasi berkualitas tentang pentingnya gaya hidup sehat, terutama bagi komunitas yang kurang mampu," kata dia dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu, 2 September.

"Kami bangga bisa berkolaborasi dengan Beyond Sport dan mitra strategis lokal lainnya untuk menyajikan solusi inovatif dan menciptakan dampak sosial yang lebih luas di Asia," tambahnya.

Sementara itu, Executive Director Beyond Sport Fred Turner menekankan, bagaimana anak muda di berbagai belahan dunia kerap menghadapi hambatan dalam mengakses olahraga dan manfaatnya.

"Hambatan tersebut terkadang hanya soal ketersediaan ruang yang aman untuk berolahraga dan bermain," ujarnya.

Fred mengatakan, pihaknya merasa terhormat bermitra dengan Sun Life untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental anak-anak yang kurang beruntung.

"Kami berharap, program yang dirancang dengan mempertimbangkan keberlanjutan dan keterlibatan komunitas dapat memotivasi generasi muda di Asia untuk membentuk kebiasaan positif yang akan mendukung perkembangan mereka sepanjang hidup," tuturnya.

Inisiatif ini adalah bagian dari kampanye #MovementMatters Sun Life yang berfokus pada promosi aktivitas fisik sebagai unsur kunci dalam mewujudkan gaya hidup yang lebih sehat.

Kampanye ini dimulai dengan Acara Amal 3x3 yang diselenggarakan secara serentak di Jakarta, Indonesia, dan Manila, Filipina, pada 18-20 Agustus.

Acara "Celebrity & Basketball Weekend" di Jakarta berlangsung di Gandaria City Mall dengan kehadiran 650 peserta.

Acara tersebut dimeriahkan oleh berbagai tokoh selebriti dan influencer basket, seperti Dion Wiyoko, Tarra Budiman, Andovi, Jovial Da Lopez, Augie Fantinus, Rayi Putra, Samuel Rizal, Danang Suryonegoro, Maria Selena, Choky Sitohang, dan Bams.

Melalui acara ini, Sun Life mendonasikan Rp1.000.000 untuk setiap peserta baik di Jakarta, Manila maupun Filipina. Setiap like, share, komentar, dan unggahan di media sosial yang memakai tagar #MovementMatters turut menambah jumlah donasi, yang totalnya mencapai Rp10 miliar.

Acara tersebut juga bertepatan dengan keikutsertaan Tim Kanada dan pemain-pemain unggulannya di Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 yang diselenggarakan di Jakarta. Sun Life sendiri merupakan Mitra Asuransi Resmi dari Canada Basketball.