Bagikan:

JAKARTA - Timnas Kanada berhasil meraih kemenangan telak di partai kedua fase Grup H FIBA World Cup 2023. Menghadapi Lebanon, tim asuhan Jordi Fernandez menang dengan poin akhir 128-73.

Hasil ini menggenapkan kemenangan Kanada di fase Grup yang sebelumnya menang atas Prancis. Usai pertandingan, di Indonesia Arena, Minggu 27 Agustus malam WIB, Jordi Fernandes memuji hasil apik yang diraih anak asuhnya. 

Namun saat ditanya soal sosok yang berperan di laga ini, ia enggan menyebutkan satu nama. Ia malah memuji keseluruhan pemain di tim yang disebutnya memiliki bakat yang merata hingga membuatnya kagum.

“Kita bermain bersama dengan baik, ini adalah pertandingan di mana semua orang bermain. Rata-rata pemain berada di lapangan 14 menit (tidak kurang dari itu), inilah yang dinamakan kerja sama tim,” buka Jordi Fernandez.

“Saya rasa jawabannya adalah tim kami. Saya takjub dengan seberapa berbakatnya mereka, para pemain bekerja bersama, bermain, dan menikmati hari-hari mereka,”

“Saya benar-benar menyukai tim ini. Saya terkejut dengan bakat mereka, tapi saya lebih terkesan lagi dengan keinginan mereka untuk bekerja sama agar lebih baik,” ungkap sang pelatih soal penampilan timnya. 

Soal kerjasama yang terbangun secara merata di kubu timnas Kanada, hal ini terbukti dari statistik akhir para pemain usai menumbangkan Lebanon. RJ Barrett tercatat mengemas 17 poin, disusul Trae Bell-Haynes menyumbang 15 poin, sisanya ada empat pemain yang mengemas 12 poin.

Berbanding terbalik dengan penampilan skuad Kanada yang merata dalam menyumbang poin, Lebanon justru terlihat didominasi perorangan lewat catatan Omari Rasulala Spellman yang membuat 16 poin, disusul Karim Zeinoun dengan 15 poin. 

Setelah dua kemenangan yang berhasil diamankan Kanada di fase Grup H ini, tim asuhan Jordi Fernandez masih harus membangun fokus tinggi. Pasalnya setelah ini mereka akan menghadapi Latvia yang sebelumnya menang atas Lebanon.