Perbasi Jajal 3 Nama Baru untuk Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Marques Bolden. (Foto via ANTARA/HO-Perbasi)

Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) membawa tiga nama debutan ajang internasional ke Syria untuk Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Induk basket nasional itu total membawa sebanyak sebelas nama yang bertolak ke Syria pada Rabu, 9 Agustus 2023. Mereka dipimpin Manajer Tim Nasional Indonesia Jeremy Imanuel Santoso.

Tiga nama baru yang dipanggil Timnas Indonesia untuk ajang internasional ini adalah Antoni Erga, Reza Guntara, dan Pandu Wiguna. 

Mereka dibawa bersama nama-nama yang sudah malang-melintang di timnas. Sebut saja Yudha Saputera, Widyanta Putra Teja, Althof Dwi Satrio, Mohamad Arighi, Juan Laurent, Kelvin Sanjaya, Marques Bolden, dan Hendrick Xavi Yonga. 

"Ajang ini momentum pemain yang belum pernah dipanggil timnas seperti Antoni Erga, Pandu Wiguna, dan Reza Guntara untuk memberikan kontribusi dan memperlihatkan kemampuan di level internasional," ujar Jeremy.

Lebih lanjut Jeremy mengatakan, saat ini nama-nama tersebut adalah pemain terbaik yang akan membawa nama Indonesia di Syria menyusul banyaknya pemain cedera.

Beberapa nama yang tidak bisa diboyong karena cedera adalah Agassi Goantara, Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa, Brandon Jawato, dan Vincent Kosasih. Sementara itu, beberapa nama lain tidak bisa ikut karena alasan personal.

"Dengan kondisi ini maka menjadi kesempatan bagi para pemain yang sebelumnya belum dipanggil Timnas untuk ajang internasional menunjukkan diri," kata dia.

Perjalanan ke Syria ini adalah langkah pertama bola basket Indonesia menuju Olimpiade 2024 Paris. Jika menang dalam Pra Kualifikasi Olimpiade ini maka timnas Indonesia akan lolos ke babak Kualifikasi Olimpiade tahun depan sebagai perwakilan Asia.

Di Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, Zona Asia dibagi dua grup. Indonesia berada di Grup B bersama Syria sebagai tuan rumah, Kazakhstan, dan Saudi Arabia. 

Sementara di Grup A ada Korea Selatan, Taiwan, India, dan Bahrain. Pertandingan berlangsung pada 12-20 Agustus 2023.

11 Pemain ke Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 di Syria:

1.Yudha Saputera 

2.Widyanta Putra Teja

3.Antoni Erga

4.Althof Dwi Satrio

5.M Arighi

6.Reza Guntara 

7.Pandu Wiguna 

8.Juan Laurent 

9.Kelvin Sanjaya

10.Hendrick Xavi Yonga

  1. Marques Bolden